Designing Effective Occupational Health

Designing Effective Occupational Health Program in the Workplace
(Organizer : Phitagoras Global Duta)


Date :
Thursday, 21-12-2006 until Friday, 22-12-2006
09:00 - 17:00

Venue :
Grand Flora Hotel
Jl. Kemang Raya No. 7
Tlp. 719 8000
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 3.000.000,-

Pendaftaran sebelum tanggal 14 Desember : Rp. 2.750.000,-

Seminar/Conference Description :
Latar Belakang
Bagi pekerja, sebagian besar waktunya akan dihabiskan di tempat kerja ataupun di dalam ruangan perkantoran tempatnya bekerja. Karena itu dapat difahami bahwa dampak dari ruang kerja yang tidak nyaman akan berakibat terjadinya gangguan kesehatan para karyawan di tempat kerja tersebut, serta akan menimbulkan gangguan produktivitas kerja. Perkantoran modern sekalipun, tidak terlepas dari permasalahan kesehatan bagi karyawan yang bekerja di sana, misalnya : dampak penggunaan komputer dari aspek ergonomi, penggunaan karpet mewah, penempatan mesin fotocopy yang tidak tepat yang turut membuat udara lingkungan kerja kita menjadi tercemar, sistem air conditioning yang tidak tepat yang dapat menurunkan kualitas udara ruangan yang kita hirup selama jam kerja.

Sebagai perkantoran yang modern, maka higiene dan sanitasi mutlak diperlukan. Permasalahan dalam supplai air bersih akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi penggunanya. Pembuangan limbah domestik yang salah, akan menyebabkan populasi insect seperti lalat, nyamuk, kecoa dan tikus akan meningkat, dan pada gilirannya akan merupakan permasalahan kesehatan lainnya. Semuanya berujung kepadanya banyaknya keluhan sakit, meningkatnya kunjungan ke poliklinik, ketidak nyamanan dalam bekerja, sulit berkonsentrasi dan akhirnya membuat karyawan tidak produktif. Perundang-undangan mengharuskan kita memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan selama bekerja, agar tidak sampai menimbulkan sakit yang bila berkelanjutan akan menimbulkan kecacatan. Untuk itu dibutuhkan adalah komitmen kita bersama untuk melakukan perubahan ini.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :

  • Dapat memahami faktor apa saja yang dapat merugikan kesehatan di Perkantoran
  • Dapat mengetahui cara penanggulangannya
  • Dapat mengaudit Penerapan Kesehatan Kerja di Perusahaan

Who Should Attend? :
Manajer HRD, Penanggung jawab HSE, Dokter / Paramedik di Perusahaan, General Services, Siapa saja yang berminat

Speaker :
Abdul Baktiansyah, Dr., MS.
Beliau sangat berpengalaman dalam Kesehatan Kerja (Health) selama hampir 30 tahun. Pendidikan formal beliau didapat dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada tahun 1979, dan Magister of Science dalam Kedokteran Okupasi dari Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (2004), beliau juga sering mengikuti berbagai training baik itu di dalam maupun di luar negeri yang berkaitan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Perjalanan Karir beliau sebagai praktisi kesehatan kerja dimulai sejak tahun 1982 - 2005, dimana beliau pernah mengemban jabatan sebagai Chief Medical Officer pada PT. Ekspan Kalimantan dan kemudian menjadi Occupational Health & Industrial Hygiene Coordinator pada PT. Medco Energy E&P. Sekarang ini beliau aktif sebagai trainer & konsultan pada bidang Occupational Health & Industrial Hygiene, pada beberapa lembaga training & konsultan, termasuk diantaranya PT. Phitagoras Global Duta.

Outline :

  1. Office Hygiene
    Latar belakang, Peraturan perundangan terkait, Tujuan program, Organisasi dan tanggung jawab (Team Pelaksana, Tanggung jawab team pelaksana, Tugas team pelaksana)
  2. Heal Hazards dan Aspek Kesehatan
    Faktor Fisik, Faktor Kimiawi, Faktor Biologi, dan Faktor Ergonomis ( menyangkut hal-hal berikut : Air bersih, Udara ruangan, Suhu dan Kelembaban, Debu, Pertukaran udara, Gas pencemar, Mikrobiologi, Limbah, Pencahayaan ruangan, Kebisingan, Getaran, Radiasi, Vektor penyakit, ruangan dan bangunan, toilet, dsb).
  3. Hal - hal Khusus Lain :
    Food Safety, Office Ergonomics & Office Copying Machine
  4. Audit :
    Workplace layout and design. Inspeksi Lingkungan Kerja di perkantoran, Major Sources of Indoor Air Contaminants and its adverse of health effect. (Adopted from OSHA )

Metode Pelatihan : Interaktif dan partisipatif

Labels:

Posted by wishmaster, Monday, December 11, 2006 5:47 PM | 0 comments |

Purchasing Fraud

Purchasing Fraud
(Organizer : Lembaga Pengembangan Auditor Internal)


Date :
Thursday, 21-12-2006 until Friday, 22-12-2006
08:30 - 16:00

Venue :
Ibis Slipi Hotel
Jl. S. Parman Kav. 59
Jakarta,

Fee :
Rp 3.000.000,-

Seminar/Conference Description :
Lokakarya untuk Anda:

  • Auditors who want to help management fight fraud in purchasing.
  • Internal auditors who want to detect purchasing fraud.
  • Investigators who want to prove kickbacks and other types of purchasing fraud

Tujuan & Manfaat Pelatihan

  • Learn the real fraud exposures in purchasing.
  • Understand why purchasing fraud is so difficult to detect and respond to.
  • Identify specific steps some organizations take to reduce exposures to purchasing-related fraud.
  • Discover practical approaches to detect purchasing fraud.
  • Explore proven techniques for investigating purchasing fraud.

Course Description
Pada lokakarya ini akan diuraikan secara sistematis dan lengkap mengenai skema kecurangan dalam kontrak dan pengadaan barang/jasa mulai dari dalam proses tender sampai dengan penyerahan barang.

Speaker :
Dwi Eriyanto RI Ak MBA
PT TNT Logistik Indonesia
Seorang praktisi dibidang finance, audit dan procurement. Setelah lulus dari The University of Hull, UK dengan program Master Degree di bidang accounting, beliau aktif di beberapa perusahaan seperti PT Trihamas Finance, PT Asuransi AIA Indonesia , dan PT TNT Logistik Indonesia. Beliau juga aktif sebagai lecturer dan pembicara di Trisakti, YAI dan beberapa lembaga pelatihan.
Jabatan yang pernah beliau pegang mulai dari Accountant, Finance Manager, Procurement Manager hingga Head of Internal Audit

Outline :
Introduction to Purchasing Fraud

  • The challenge of purchasing fraud
  • Common exposures in purchasing
  • Fraud-related dangers to be avoided

Understanding and Shaping Your Environment

  • Understanding your policies, codes and practices
  • Executive example
  • The role of corporate legends
  • An organizational survey
  • Lessons from government -- Federal Acquisition Regulations and others

Detecting Purchasing Fraud

  • The Five-Step Approach to fraud detection
  • Purchasing fraud exposures
  • Symptoms and "red flags" of purchasing fraud
  • Applying the Five-Step Approach to your environment
  • Computer retrieval techniques to detect purchasing fraud
  • Suggestions for auditing purchasing

Cultural Considerations

  • Gifts and entertainment practices
  • Understanding the global environment
  • Pressures toward transparency
  • Special situations in select industries

Purchasing Outside of Traditional Procurement

  • Exposures outside of traditional procurement
  • Suggestions for assessing and improving your environment

Areas Meriting Additional Consideration

  • Bidding
  • Blanket purchases
  • Minority and disadvantaged business programs
  • Trade customs or practices

Investigating - Responding to Suspected Wrongdoing

  • Introduction to investigations
  • What a complete investigation should include
  • Proving wrongdoing in purchasing
  • An investigative checklist

Contracting & the Prevention of Purchasing Fraud

  • Contracting tasks and controls
  • A step-by-step approach to prevention
  • Working with management to deter purchasing fraud
  • Suggestions for the future

Labels:

Posted by wishmaster, 5:45 PM | 0 comments |