How to be Personnel Professional

HRD Forum One Day Workshop
"How to be Personnel Professional"
Sabtu, 27 Januari 2007 - Hotel Aston Atrium - Senen
Early Bird HANYA Rp.1.000.000,-
Dapatkan Bonus Menarik (CD Contoh Surat-surat, Sistem & Prosedur serta Form kepersonaliaan)


Apakah yang harus diketahui, dimiliki dan dikuasai oleh seorang personalia ?

Untuk mendukung Fungsi dan Tugas HRD secara keseluruhan di perlukan seorang personalia yang Profesional & handal. Pada Workshop ini kami uraikan satu persatu apa dan bagaimana menjadi seorangpersonalia yang profesional, untuk itu jangan sampai terlewatkan !!

One Day Workshop
How to be Personnel Professional

Outline

Tugas & Tanggung Jawab Personalia
Pengorganisasian, perencanaan program & pengendalian Unit Personalia
Flow Process Administrasi seluruh kegiatan Personalia
- Proses & Prosedur Rekrutmen : searching, interview, test and selection.
- Remuneration Management : Struktur dan Skala Gaji, Basic Salary, Allowance, Incentive & Overtime.
- System Penilaian Kinerja Karyawan
- Seluruh Perizinan Ketenaga Kerjaan
- Promosi, Mutasi & Demosi serta PHK
- Handling karyawan Tetap, Kontrak & Harian serta PKL
- Perjalanan Dinas dalam/luar negeri serta fasilitasnya
- Training & Evaluasi
- Medical, Hospital, Asuransi & Dana Pensiun karyawan
- Benefit & Fasilitas Lainnya
- Dan Lain-lain
System Penyediaan Data Karyawan, Surat-surat serta Form Administrasi kegiatan personalia
System Dokumentasi yang Efektif
System pelaporan Seluruh Kegiatan Personalia

Bonus
CD Contoh Surat-surat, Sistem & Prosedur serta Form kepersonaliaan

Tanggal & Waktu
Sabtu, 27 Januari 2007
9.00 s/d 16.00 WIB

Lokasi
Hotel Aston Atrium Senen
Jl Senen Raya - Jakarta Pusat

Investasi
HANYA Rp 1.000.000,-
(Materi, Certificate of Participation, 2 x Cofee Break, Lunch)

Tempat Terbatas !!

No Account
BCA - KCP Ahmad Yani - Bekasi
No. Rek : 739 041 0829 a/n Bahari Antono

Bank Mandiri - KCP Jkt - Cempaka Mas -
No. Rek : 120-00-0439485-9 a/n Bahari Antono

Informasi & Pendaftaran

HRD Forum
IS PLAZA Building 9th Floor, Room 904
Jl Pramuka Raya Kav 151 - Jakarta Timur
Telp: 021- 851-3661 ; 021-857 9510 ; 021 - 856 4666 ext 1053
Fax: 021 - 851 3661 ; 021-857 9510

E-mail: Event@HRD-Forum.com

Labels: ,

Posted by wishmaster, Wednesday, December 13, 2006 12:29 PM | 0 comments |

Train The Trainers

(Organizer : Indo NLP)

Date :
Friday, 26-01-2007 until Saturday, 27-01-2007
08:00 - 17:00

Venue :
Mulia Hotel
Jl. Asia Afrika, Senayan
Jakarta,

Fee :
Rp 2.450.000,-

Seminar/Conference Description :
Cara cerdas menciptakan 'master trainer' berkualitas.

Sebuah Neuro Linguistic Programming (NLP) workshop yang dikemas secara khusus, padat dan komprehensif. Dalam 2 hari para pesertanya selain mampu menjadi trainer yang andal, juga mampu melakukan konseling dan brief-therapy. Jadi, buat apa mengirimkan belasan orang ke sebuah pelatihan yang sama? Cukup kirim 1 atau 2 trainer Anda dan dapatkan efisiensi biaya yang luar biasa dari workshop ini.

Who Should Attend? :
Trainer, speaker, teacher and communicator

Speaker :
R.H. Wiwoho, Drs. MSc.
No. 1 NLP Trainer & Best Selling Author
Pendiri IndoNLP dan satu daru sedikit orang yang beruntung dapat belajar langsung dari kedua jenius pencipta Neuro Linguistic Programming (NLP) Dr. Richard Bandler dan Prof. Dr. John Grinder. Seluruh usia karirnya selama 18 tahun difokuskan pada satu bidang : pelatihan ( 11 tahun dalam bidang pelatihan komputer dan 7 tahun pelatihan NLP). Ketertarikannya pada eksplorasi potensi manusia Indonesia membuat dia begitu mencintai pekerjaannya, baik secara pembicara publik maupun konsultan.

Dia menggagas seminar Personal Power, Beyond Selling with NLP, Managing People with NLP, Ericksonian Modelling, Reframing, ProFil: Membangun the Dream Team, Mastering Personal Power dan Workshop with Wiwoho.
Menulis buku NLP : Reframing: Kunci Hidup Bahagia 24 Jam Sehari dan ProFil: Kunci Menuju Puncak Motivasi serta menerbitkan NLP Audiobooks: Membangun Percaya Diri dan Membangun Motivasi yang semuanya masuk dalam kategori produk laris.

Outline :

  1. State of Excellence
    Fisiologis dan Fokus mempengaruhi State seseorang. State ini nantinya akan mampu mengubah Behavior seseorang. Untuk menghasilkan perubahan Behavior yang lebih cepat, seseorang bisa memulainya dangan mengubah Fisiologis. Teknik ini sangat membantu seorang trainer untuk membangkitkan semangat audiensnya.
  2. Pacing - Leading
    Agar ide / informasi kita dapat diterima oleh orang lain, yang pertama harus kita lakukan adalah membangun kepercayaan audiens. Salah satu cara tercepat membangun kepercayaan adalah dengan membangun keakraban. Teknik ini menjabarkan hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk membangun keakraban.
  3. VAKOG (Visual, Auditorial, Kinestetik, Olfactory, Gustatory)
    Setiap orang memiliki gaya belajar/ strategi mengambil keputusan yang berbeda, yang dipengaruhi oleh Representational System masing-masing (VAKOG). Orang dengan kecenderungan V tentu memiliki strategi berbeda dengan orang A maupun K. Trainer dan komunikator yang baik adalah yang mampu memenuhi kebutuhan seluruh audiens yang sudah barang tentu berbeda Rep Systemnya.
  4. The 3 Pillars of Successful Trainer
    Komunikasi tidak hanya dalam bentuk kata-kata atau secara verbal saja. Justru tonaliti dan bahasa tubuh sangat berpengaruh. Bagaimana cara berkomunikasi dengan memilih kata yang tepat dan tonaliti serta bahasa tubuh yang kongruen untuk mengahadapi berbagai type orang adalah kuncinya.
  5. Anchoring
    Sukses atau keberhasilan bisa diciptakan, baik dengan menciptakan triger maupun dengan mengulang keberhasilan yang pernah diraih. Untuk seorang trainer, menciptakan anchor bagi audiens sangatlah penting. Misal, untuk menciptakan anchor saatnya serius, saatnya melempar joke, saat tanya jawab, dst.
  6. Meta Model
    Trainer yang handal harus mampu menyampaikan materi sejelas mungkin. Meta model akan sangat membantu untuk memudahkan Anda menjelaskan materi secara detil dan rinci sehingga audiens mampu memahami apa yang disampaikan oleh trainer dengan tepat.
  7. Public Speaking
    Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang dapat diterima oleh seluruh audiensnya. Teknik ini membantu kita untuk mengetahui kiat-kiat mempresentasikan ide atau informasi yang mampu menyentuh semua audiens sehingga mereka dapat menerima ide atau informasi tersebut dengan baik.
  8. Dealing with difficult people
    Tidak semua audiens dapat di''handle'' dengan mudah. Teknik ini sangat efektif untuk menangani orang-orang yang ''sulit''.
  9. Anchoring (bonus, apabila waktu memungkinkan)
    Sukses atau keberhasilan bisa diciptakan. Untuk seorang trainer, menciptakan anchor bagi audiens sangatlah penting. Misal, untuk menciptakan anchor saatnya serius, saatnya melempar joke, saat tanya jawab, dst.

Labels: ,

Posted by wishmaster, 10:40 AM | 0 comments |

Effective Leadership

(Organizer : Samchad Consulting Indonesia)

Date :
Monday, 15-01-2007 until Tuesday, 16-01-2007
08:30 - 17:00

Venue :
Aston Atrium Hotel
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 1.350.000,-

Seminar/Conference Description :
The role of the supervisors and manager has changed. In the past, supervisors and managers were expected to be the boss, evaluator, judge and critic. In today's rapadly changing world the authoritarian manager that valued compliance, confirmity and command control hierarchies will not be able to keep up the pace of change.
Today, manager and supervisor must become a partner, facilitator, cheerleader, supporter and coach in order to be successful. As leaders, our task is to accomplish the organizational mission by means of our greatest resource, our people. As leaders we must understand that the value of diversity is that each individual brings his or her unique experience, skills and commitment to the organization and its mission. Today's leader must be able to successfully use a variety of leadership styled depending on the task, mission and individual. Situational leadership can provide you with a effectiveness and success as a supervisor, in this rapidly changing world.

The objectives or this course are :

  • To increase your understanding of how to effectively manage people
  • To describe how to use leadership strategies to increase the productivity of your followers
  • To develop specifics skills that will help you match your leadership style to the needs of your people and demand of any situation

Other Benefits
By attending this workshop, you will :

  • Develop a commno vocabulary for leadership
  • Understand the difference between successful and effective leadership
  • Examined the core belief and values underlying the situation leadership model
  • Learn the effectiveness of your strongest leadership abilities
  • Learn to use a range of leadership styles to gain support and commitment from your staff and to influence and inspire others
  • Start thinking l'ike a manager'

Who Should Attend? :

  • Prospective or New Supervisors
  • Experienced Supervisors or New Managers who have never been exposed to people side.

Speaker :
Sahala P. Sinurat
Founder of PT Samchads Consulting Indonesia
Sahala P. Sinurat, MSc . Is a management consultant specializing in training programs designed to increase managerial effectiveness, specifically, program relating to supervisory management and performance management. Mr. Sinurat obtained his master degree in Operations Research from University of Delaware, Newark, US. His working experience includes:

  • Professional Staff to Lembaga PPM
  • Training and Development Manager for Rothmans of Pall Mall Indonesia
  • Training and Development Manager for the British American Tobacco Indonesia (BAT).

Mr. Sinurat has led more than 200 training programs. His clients list includes PT Surveyor Indonesia, PT Coca Cola Indonesia, PT DaimlerChrysler, PT Telkom, PT Sanyo Electronics Indonesia, PT Capsugel Indonesia, PT Jasa Marga, PT Pelindo II, PT BASF, PT Advanced Interconnect Industries, PT Amarta Karya, PT Philip Morris Indonesia, PT BAT Indonesia, PT Rothmans of Pall Mall Indonesia, Etc.

Outline :

  1. Introduction / Background
    • Workshop Objectives
    • Expectiation of Participants
    • Roles and Functions of a supervisor
  2. What is Leadership ?
    • Presentation
    • Pre - Activity
    • Post - Activity
    • Knowledge Self - Check
  3. Leader Behavior
    • Presentation
    • Practice 1 - Task Behavior
    • Practice 2 - Relationship Bahavior
    • Knowledge Self - Check
  4. Leadership Styles
    • Presentation
    • Practice - Leadership Styles
    • The Four Leadership Styles
    • Knowledge Self - Check
  5. Follow Readiness
    • Presentation
    • Pre - Activity
    • Practice 1 - Ability and Willingness
    • Readiness Indicators
    • Practice 2 Readiness Levels
    • The four Readiness Levels
    • Knowledge - Self Check
  6. Leadership Styles and Readiness Levels
    • Presentation
    • Post - Activity
    • Practice - Leadership Styles and Leader Behavior
    • Knowledge Self - Check
  7. Tour Leadership Styles
    • Presentation
    • Your Leadership Styles Profile
    • Practice - Consequence of Leader Behavior
    • Post - Activity
  8. Integrated Game
  9. Closing ( Summary and Conclusion )

Labels:

Posted by wishmaster, 10:39 AM | 0 comments |

Internal Controls Complying With Sarbanes - Oxley Act Section 302 And 404

(Organizer : Focus Traconindo)

Date :
Thursday, 28-12-2006 until Friday, 29-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Sahid Raya Hotel
Jl. Pantai Kuta

Bali, Indonesia

Fee :
Rp 2.950.000,-

Seminar/Conference Description :
About The Course
Based on these sections of the SOX, every business process must be equipped by risk-control matrix relationships. It means that the business process always consists of one or more risks, and then every risk should be controlled in order to mitigate its impact. On one hand, if the risks are not controlled, the business process will be threatened to become ineffective and inefficient, and eventually the disclosure of financial reporting will be inconsequential. On the other hand, implementation of the control should be evaluated regularly to assess its effectiveness. For this reason, a company should empower its internal auditors in order to audit the implementation of its internal control, especially internal control over financial reporting (ICOFR).

By course end participant should be able to:
- Understanding Internal Control-Integrated Framework COSO version
- Identifying business process
- Defining risks involving in the business process
- Defining controls relating to the risks
- Assessing effectiveness of internal control design
- Assessing effectiveness of internal control operation
- Understanding CSA (Control-Self Assessment)
- Understanding system review/ walkthrough and test of control
- Classifying findings of internal control weaknesses into significant deficiency and material weakness


Benefits
Make a company healthy
- Bring a company up in controlling so this will be rising effectiveness and efficiencies in operations
- Make company's human resources controllable
- Hinder financial reporting misstatements

Paket Training Internal Controls Complying With Sarbanes - Oxley Act Section 302 And 404 & Informaton System Audit (IT Audit) biaya :
Rp 5.400.000

Who Should Attend? :
- Finance and Accounting Supervisors and Managers
- Process Owners relating to generate financial statements
- Operation Managers or Supervisors who need to understand how to comprehend risks then how to control them in order to improve process initiation, its authorization, its recording, its processing, and its reporting.
- Everyone in production as well as human resources department and others who expect to take away techniques, template and tips to improve their department's performance and decision-making

Speaker :
Lukman Abdurrahman,Ir, MIS, QIA

Outline :
1. Acknowledgement of Sarbanes-Oxley Act 2002 (SOX)
- Background: Cases of Enron and WorldCom, etc.
- Philosophy of SOX
- Sections related to global business (Section 302 and 404)

2. Internal Control-Integrated Framework COSO version
- About COSO
- Internal Control of COSO
- Risk Concepts (Enterprise Risk Management)
- Implementation of ICOFR

3. Evaluation of Implementation of Internal Control
- Control Self Assessment
- Risk-Based Audit
- ICOFR Audit

4. Audit ICOFR
- System Review/ Walkthrough
- Test of Control
- Level of effectiveness of ICOFR Design
- Level of Compliances of ICOFR Operation
- Conclusion of Audit
Related Seminar :
Information System Audit (IT Audit)

Labels:

Posted by wishmaster, 2:14 AM | 0 comments |

Financial Statement Analysis

(Organizer : Multi Utama - The Executive Development Center)

Date :
Thursday, 21-12-2006 until Friday, 22-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Park Lane Hotel
Jl. Casablanca Kav. 18
Jakarta,

Fee :
Rp 2.500.000,-

Seminar/Conference Description :
Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Laporan keuangan menggambarkan kinerja dan posisi keuangan perusahaan serta positioning-nya dalam industri. Selain itu laporan keuangan juga dapat dijadikan alat evaluasi kinerja para manager dalam meningkatkan nilai pemegang saham.

Kesalahan analisis dalam laporan keuangan akan mempengaruhi keputusan perusahaan misalnya ketika kinerja perusahaan dengan laba besar namun kondisi debt rate yang tinggi. Para eksekutif yang kurang memahami dengan baik kondisi ini akan memandang baik dan akan mengambil keputusan untuk terus ekspansi dengan menambah jumlah hutang. Padahal struktur hutang yang tinggi ini sangat rentan bagi perusahaan. Sehingga kemampuan untuk memahami, melakukan interpretasi, serta menganalisis laporan keuangan dengan baik adalah adalah sesuatu hal yang penting dan harus dimiliki oleh manajer yang sukses agar dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pelatihan ini yang menggunakan kuliah, latihan-latihan, diskusi kelompok dan kasus-kasus akan memberikan kemampuan pada peserta dalam menggunankan laporan keuangan secara maksimal agar proses pengambilan keputusan menjadi lebih baik.

Dengan menghadiri pelatihan ini yang akan berlangsung selama dua hari, peserta akan memiliki kemampuan untuk:

  • Memahami dalam bagaimana menganalisis, mnginterpretasi, dan menggunakan laporan keuangan dengan benar.
  • Memahami fundamental dari Cash Flows, Balance Sheet, and Income Statement untuk proses pengambilan keputusan.
  • Mengimplementasikan alat-alat dan teknik-teknik Analisis Laporan Keuangan.
  • Mengkonstruksikan peramalan laporan keuangan

Who Should Attend? :
All Investment Analyst, Financial accountant, planning and budgeting analyst, treasurer, finance directors, project directors and business development executives from corporations, tax, accounting, and legal advisors, Credit Analyst, bankers and financers who are willing to master the Financial Statement Analysis ability are strongly advised to attend this course.

Speaker :

  1. Irfa Ampri, MA, Ph.D, CIA, CISA
    Irfa is professional consultant of MUC Consulting Group. He holds accountant from STAN, Jakarta. After joined the Ministry of Finance, he then studied further in Lancaster University UK to gain Master of Arts in Finance and Accounting and in Yokohama National University, Japan for his PhD in Business Administration. Another prestigious certification is that Irfa holds Certified Information Systems Audits (CISA) and Certified Internal Auditor (CIA).
    Currently, he is head of Audit Analysis I at the Ministry of Finance and Senior Lecturer of Post Graduate in Financial Management in several Universities in Indonesia.
  2. Syamsir Kadir, MBA
    Syamsir adalah mantan Direktur Utama PERUM Pegadaian. Syamsir mendapat gelar sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, gelar Master of Business Administration (MBA) dari School of Business Administration University of Oregon USA dan saat ini menjadi kandidat doktor di bidang Manajemen Keuangan (Manajemen Bisnis) dari Universitas Padjadjaran Bandung.
    Syamsir juga aktif mengajar sebagai Dosen Luar Biasa di berbagai institusi pendidikan di Indonesia.

Outline :
Day One

  1. Objectives and the uses of Financial Statement Analysis (FSA)
    • Credit grantors
    • Equity investors
    • Management
    • Acquisition & marger analysis
    • Auditors
    • other interested groups
  2. Overview the Basic Financial Statement
    • Balance Sheet
    • Income Statement
    • Statement of Cash Flows
  3. Explore Tools and Techniques of Financial Statement Analysis
    • Comparative Financial Statement
    • Index - number trend series
    • Ration analysis
    • Specialized analysis
  4. Balance Sheet Analysis
    • Analysis of Current Assets
    • Analysis of Non Current Assets
    • Analysis of Liabilities
    • Analysis of Stockholders Equity

Day Two

  1. Income Statement Analysis
    • The Accrual of Revenue
    • Cost & Expense Accrual
    • Research, Exploration & Development outlays
    • Ratios in Income Statement Analysis
  2. Cash Flow Analysis
    • Definition of Cash Flows
    • Determine Net Cash Flow from Operations, Investment and Financial Perspective
    • Cash Flow Statement & Leveraged Buyout (LBO)
  3. Analysis of Results of Operations
    • Analysis of Gross Profit
    • Analysis of Gross Margin
    • Analysis of Break Even
  4. Forecasting Financial Statements
    • A typical one year projection
    • Sensitivity analysis with projected financial statements
    • Pro form a financial statements

Labels:

Posted by wishmaster, 2:13 AM | 0 comments |

Coaching & Counseling

Organizer : Fritmandiri Utama)

Date :
Thursday, 21-12-2006 until Friday, 22-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Grand Flora Hotel
Jl. Kemang Raya No. 7
Tlp. 719 8000
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.780.000,-

Seminar/Conference Description :
Tujuan :

  • Memahami tuntuntan organisasi untuk Hyperformance
  • Memahami filosofi dan konsep Coaching dan Counseling untuk peningkatan kinerja individu dan organisasi
  • Memahami proses Coaching dan Counseling dan bagaimana individu mengoptimalkan aktivitas belajarnya
  • Memahami peran "Coach" dan Konselor
  • Meningkatkan pemahaman diri sendiri sebagai dasar-dasar Coaching dan Counseling
  • Mampu mengembangkan sasaran dari pengembangan Coaching dan Counseling

Silabus

  1. Identifikasi kebutuhan Hyperformance
    • Mengukur Hyperformance
    • Memahami hipotesa Hyperformance
  2. Memastikan proses Coaching dan Counseling dalam membantu peningkatan Hyperformance
    • Perubahan peran Manajer dan Supervisor - Kualitas Coach dan Konselor(
  3. Proses dan dinamika Coaching dan Counseling
    • Fase-fase dalam Coaching & Counseling - Pengaruhnya kepada hasil kerja
  4. Kontinum Komunikasi dalam Coaching dan Counseling
    • Peran Coach dan Konselor
    • Elemen-elemen untuk hubungan yang lebih baik
  5. Model G.R.O.W.
  6. Paradigma dan Proses
  7. Aplikasi

Metodologi
Konsep, diskusi Kelompok, aktivitas belajar terstruktur, studi kasus, role play dan simulasi

Who Should Attend? :
Top Manajemen, Manajer dan Praktisi HRD, Konsultan HRD, Supervisor dan Manajer

Speaker :
Kunkun Sudaryat, Drs.
Beliau telah berpengalaman selama 21 tahun lebih sebagai praktisi Sumber Daya Manusia di perusahaan multi nasional. Selama kurun waktu tersebut, ia telah berpengalaman dalam menangani proses struktur Sumber Daya Manusia, Organization Development, Man Power Planning, Recruitment & Selection, Staffing, Job Analysis dan Organizational Design, Career Planning & Development, Succession Planning, Performance Management serta Training & Development. Beliau juga telah berpengalaman dalam memberikan berbagai program diantaranya: Program Coaching Counseling, Team Building, Behavioral Event Interview, Selection.for Result, HR Management, Managing Performance, Performance Management System, Competency Based Management, Leadership Development & Succession Planning, Time Management dll.

Labels:

Posted by wishmaster, 2:12 AM | 0 comments |

HR Strategic Investments

(Organizer : M-Knows Consulting)

Date :
Friday, 15-12-2006 until Friday, 15-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Financial Club
Niaga Tower 27 th Fl
Jl. Jend. Sudirman Kav. 58
Jakarta,

Fee :
Rp 1.350.000,-

Seminar/Conference Description :
Investasi terbesar Departemen Sumberdaya Manusia (Human Capital Dept) saat ini meliputi aspek penerapan CBHRM, Sistem Kompensasi dan Benefit yang diawali Job Evaluation, Job Grading hingga Competency based Salary Structure, Training & Development dan Human Resources Information System. Guna menjamin hasil yang maksimal dengan biaya yang efisien, tentunya diperlukan pemahaman atas:

  • Apakah perusahaan anda telah memerlukannya? Kapan dan kenapa?
  • Tahapan apa saja yang dilewati, berapa lama dan apa masalahnya?
  • Faktor-faktor utama apa saja yang harus dipertimbangkan, dan bagaimanakah kesiapan internal vs sumber daya yang diperlukan?
  • Berapa biayanya? Apa saja solusi yang ada, dan apakah benar dibutuhkan? Apa justifikasi beragam jenis solusi dengan implikasi biaya yang berbeda tersebut?
    Bagaimana ROI-nya?

Ironisnya, informasi tentang hal ini seringkali di simpan dan kurang dikemukakan. Workshop kali ini akan membahas step-by-step, langkah-langkah yang diperlukan. Mengikuti workshop ini akan memberikan pemahaman dan penghematan luar biasa bagi para praktisi SDM, karena diberikan oleh mereka yang telah berpengalaman dalam implementasi ke 4 investasi utama SDM diatas.

Who Should Attend? :
Para Direktur, Manajer dan specialist yang berkepentingan dalam menganalisa, mendesain, melaksanakan dan mengintervensi kebijakan SDM secara komprehensif

Speaker :

  1. Benyamin Ruslan Naba
    Managing Partner Simaeru Consulting
    Benyamin Ruslan Naba adalah Managing Partner Simaeru Consulting, perusahaan jasa konsultan SDM dan Manajemen Perubahan yang berbasis pada teknologi informasi, seperti Competency-Based Human Resources
    Information System, e-HR, HR online dan e-Learning. Line of Services Simaeru Consulting adalah Consulting, Training dan Outsourcing.
    Benyamin Ruslan Naba sering menjadi pembicara di berbagai seminar dan workshop CBHRM, serta konsultan CBHRM dan e-HR di berbagai perusahaan swasta, BUMN dan Lembaga Pemerintah.
  2. Bagas Sweta Bhaskara
    Bagas memiliki berbagai pengalaman terutama sebagai human capital specialist dan job analyst di beragam perusahaan, meliputi pertambangan, televisi, asuransi, telekomunikasi, consumer goods, farmasi dan lainnya. Berhasil meraih gelar master dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia keduanya dibidang Sumber Daya Manusia. Keahliannya dalam ilmu statistik serta SDM merupakan dasar kepakarannya dalam melaksanakan beragam proyek Job Evaluation & grading (Compensation & Benefit system), Competency Based Human Resource Management, Climate and Culture Audit, dan Human Resource Information System.

Outline :
Sesi 1: Implementing Competency-Based HR Management
Dibawakan oleh mereka yang dipuji beragam perusahaan akibat solusinya yang sangat tepat-aplikatif, bahkan dibandingkan upaya para direktur perusahaan besar yang frustasi karena implementasi yang gagal walau telah hunting ke luar negeri. Fasilitator telah berpengalaman menangani berbagai perusahaan dalam implementasi sistem kompetensinya. Akan dibahas studi kasus implementasi 15 hari di perusahaan telekomunikasi terbesar di Industrinya, mulai dari pembuatan competency directory, population validation survey, whole company assesment dan implikasinya bagi other Competency Based HR Initiatives, seperti Compensation & Benefit, HRIS dan Training & Development.

Sesi 2: How to Manage Job Evaluation, Salary Stucture and Compensation & Benefits Allignment Projects
Terdapat 4 faham dalam implementasi job evaluation hingga menciptakan salary structure, hal mana menimbulkan kebingungan dan kesalah-pahaman dalam implementasinya. Bagaimanapun, implikasi waktu, biaya dan sumber daya yang dibutuhkan dapatlah diketahui dan diperkirakan. Dibawakan oleh fasilitator yang telah terlibat dan menguasai penuh, baik aspek filosofis, teoritis maupun implementatif dari penerapan compensation & benefit allignment projects

Sesi 3: Managing Training & Development Investment Effectively
Terdapat 2 pendekatan, mikro dan makro dalam penentuan sasaran dan bentuk investasi training & development. Bagaimanapun, kedua pendekatan tersebut ditentukan oleh filosofi pengelolaan SDM di perusahaan. Selanjutnya, perlu dipahami beragam metode yang efektif untuk permasalahan yang berbeda. Saat ini, telah terdapat beragam solusi di pasaran, dengan tujuan, efektivitas, biaya, kemasan dan implikasi yang variatif. Dibutuhkan seorang ahli yang telah berkecimpung dalam sehingga memahami kondisi ini, karenanya sesi ini akan sangat membantu mereka yang berkepentingan.

Sesi 4: Setting-Up Human Resource Information System
Sudahkah anda memerlukan HRIS? Software memang membuat produktivitas, efisiensi dan kecepatan kerja meningkat pesat, disamping terbukanya peluang dan wilayah baru bagi peningkatan kinerja manusia. Bagaimanapun, ia membutuhkan investasi, dapat besar maupun kecil. Seberapa kompleks dan pentingnya pengaruh otomisasi dalam pengelolaan SDM di perusahaan anda? Apakah sudah dipandang penting untuk meningkatkan output akhir perusahaan, misal melalui peningkatan produktivitas individu ketimbang menambah pegawai? Apa saja solusi yang tersedia, dan bagaimana tahapan penerapan serta implikasinya? Apa pengaruh dari perkembangan dunia komunikasi, software dan hardware, khususnya sistem client-server vs ASP? Secara teknis, Tahapan implementasi HRIS meliputi HR Process Review (Grand Plan/Design), Application Flow Development (Menu Design), Developing Data Structure, Graphical User Interface Development, SOP Finalization ( incl. User Profile), User Manual, dan Bug List & Resolution. Bagaimanapun, secara praktis, ini berarti change management, business process improvement vs reenginering, dan ROI justification.

Labels:

Posted by wishmaster, 2:10 AM | 0 comments |

Safety Management in reference to OSHAS 18001

Organizer : HSS (Health & Safety Services)

Date :
Thursday, 11-01-2007 until Friday, 12-01-2007
09:00 - 17:00

Venue :
Twin Plaza Hotel
Jl. Letjen. S. Parman
Slipi, Jakarta

Fee :
Rp 3.500.000,-

Seminar/Conference Description :
An effective safety and loss control management system that is fully integrated with other business functions such as quality, production, and environmental control have been shown to significantly reduce losses from injury illness, property damage, fire and explosions, environmental pollution, quality problems and other accidents.

Objectives
To provide the most modern, innovative and necessary tools and techniques for the integration of safety and loss control into other management systems.

Course Contents
Participants will learn the "why" and "how to" of a wide range of topics essential to reducing accidents and losses in the workplace. Reducing accidents and losses is the essence of Modern Safety Management. Specifically, we will cover and you will learn:

  • Key concepts in safety and loss control management, including Loss Causation Model, the Accident Ration Study, safety measurement techniques, and the hidden costs of accidental losses
  • How to integrate safety and loss control into your existing management system
  • How to identify loss exposures and how to prevent them from occurring or recurring
  • How to measure safety and health management system performance
  • How to manage contractors - and the safety, health and loss control issues they introduce into an organization
  • How to conduct effective accident and incident investigations, and apply systematic causal analysis techniques to investigations of any undesired events
  • How to supervise to ensure maximum job safety, quality, and efficiency
  • How to get the best out of people through application of safe behavior management techniques
  • How to conduct and effectively apply risk assessments and their results to your safety management system
  • How to conduct planned inspections and identify, evaluate, and control hazards
  • How to plan and implement your personal safety goals and objectives for your organization.

Method of Training

  • Classroom theory
  • Group exercises
  • Case Studies

Speaker :
Team HSS

Labels:

Posted by wishmaster, 2:10 AM | 0 comments |

Designing Effective Occupational Health Program in the Workplace

Organizer : Phitagoras Global Duta)

Date :
Thursday, 21-12-2006 until Friday, 22-12-2006
09:00 - 17:00

Venue :
Grand Flora Hotel
Jl. Kemang Raya No. 7
Tlp. 719 8000
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 3.000.000,-

Pendaftaran sebelum tanggal 14 Desember : Rp. 2.750.000,-

Seminar/Conference Description :
Latar Belakang
Bagi pekerja, sebagian besar waktunya akan dihabiskan di tempat kerja ataupun di dalam ruangan perkantoran tempatnya bekerja. Karena itu dapat difahami bahwa dampak dari ruang kerja yang tidak nyaman akan berakibat terjadinya gangguan kesehatan para karyawan di tempat kerja tersebut, serta akan menimbulkan gangguan produktivitas kerja. Perkantoran modern sekalipun, tidak terlepas dari permasalahan kesehatan bagi karyawan yang bekerja di sana, misalnya : dampak penggunaan komputer dari aspek ergonomi, penggunaan karpet mewah, penempatan mesin fotocopy yang tidak tepat yang turut membuat udara lingkungan kerja kita menjadi tercemar, sistem air conditioning yang tidak tepat yang dapat menurunkan kualitas udara ruangan yang kita hirup selama jam kerja.

Sebagai perkantoran yang modern, maka higiene dan sanitasi mutlak diperlukan. Permasalahan dalam supplai air bersih akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi penggunanya. Pembuangan limbah domestik yang salah, akan menyebabkan populasi insect seperti lalat, nyamuk, kecoa dan tikus akan meningkat, dan pada gilirannya akan merupakan permasalahan kesehatan lainnya. Semuanya berujung kepadanya banyaknya keluhan sakit, meningkatnya kunjungan ke poliklinik, ketidak nyamanan dalam bekerja, sulit berkonsentrasi dan akhirnya membuat karyawan tidak produktif. Perundang-undangan mengharuskan kita memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan selama bekerja, agar tidak sampai menimbulkan sakit yang bila berkelanjutan akan menimbulkan kecacatan. Untuk itu dibutuhkan adalah komitmen kita bersama untuk melakukan perubahan ini.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :

  • Dapat memahami faktor apa saja yang dapat merugikan kesehatan di Perkantoran
  • Dapat mengetahui cara penanggulangannya
  • Dapat mengaudit Penerapan Kesehatan Kerja di Perusahaan

Who Should Attend? :
Manajer HRD, Penanggung jawab HSE, Dokter / Paramedik di Perusahaan, General Services, Siapa saja yang berminat

Speaker :
Abdul Baktiansyah, Dr., MS.
Beliau sangat berpengalaman dalam Kesehatan Kerja (Health) selama hampir 30 tahun. Pendidikan formal beliau didapat dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada tahun 1979, dan Magister of Science dalam Kedokteran Okupasi dari Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (2004), beliau juga sering mengikuti berbagai training baik itu di dalam maupun di luar negeri yang berkaitan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Perjalanan Karir beliau sebagai praktisi kesehatan kerja dimulai sejak tahun 1982 - 2005, dimana beliau pernah mengemban jabatan sebagai Chief Medical Officer pada PT. Ekspan Kalimantan dan kemudian menjadi Occupational Health & Industrial Hygiene Coordinator pada PT. Medco Energy E&P. Sekarang ini beliau aktif sebagai trainer & konsultan pada bidang Occupational Health & Industrial Hygiene, pada beberapa lembaga training & konsultan, termasuk diantaranya PT. Phitagoras Global Duta.

Outline :

  1. Office Hygiene
    Latar belakang, Peraturan perundangan terkait, Tujuan program, Organisasi dan tanggung jawab (Team Pelaksana, Tanggung jawab team pelaksana, Tugas team pelaksana)
  2. Heal Hazards dan Aspek Kesehatan
    Faktor Fisik, Faktor Kimiawi, Faktor Biologi, dan Faktor Ergonomis ( menyangkut hal-hal berikut : Air bersih, Udara ruangan, Suhu dan Kelembaban, Debu, Pertukaran udara, Gas pencemar, Mikrobiologi, Limbah, Pencahayaan ruangan, Kebisingan, Getaran, Radiasi, Vektor penyakit, ruangan dan bangunan, toilet, dsb).
  3. Hal - hal Khusus Lain :
    Food Safety, Office Ergonomics & Office Copying Machine
  4. Audit :
    Workplace layout and design. Inspeksi Lingkungan Kerja di perkantoran, Major Sources of Indoor Air Contaminants and its adverse of health effect. (Adopted from OSHA )

Metode Pelatihan : Interaktif dan partisipatif

Labels:

Posted by wishmaster, 2:09 AM | 0 comments |

Effective Time Management

Organizer : Johnson Indonesia)

Date :
Friday, 22-12-2007
08:30 - 17:00

Venue :
Mega Anggrek Hotel
Jl. Arjuna Selatan No. 4
Kemanggisan
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 925.000,-

Seminar/Conference Description :
Waktu adalah sumber daya yang dapat di kelola, namun tidak dapat di kelola, namun waktu tidak dapat kita tambah atau kita kurangi, hanya ada 24 jam dalam sehari. " Time management" merupakan salah satu ketrampilan penting dalam pengembangan diri seseorang. Salah satu cara meningkatkan efektifitas pribadi adalah dengan menigkatkan kemampuan mengelola waktu. Saat ini , setiap orang di tuntut untuk melakukan banyak hal, pada waktu bersama dengan cepat, maka ketrampilan " Time management" merupakan salah satau solusinya. Yang perlu kita kelola adalah pekerjaannya, waktu yang telah hilang tidak dapat di pergunakan kembali.

Manfaat Training

  • Menciptakan kesadaran akan pentingnya mengatur waktu
  • Mengenali konsep dan alat untuk menganalisa penggunaan waktu yang kerja
  • Mengetahui apa saja yang tergolong " Time washer" yang ada
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan waktu dan bekerja dengan taktis

Materi Training

  • Paradigma tentang waktu
  • Pengertian mengenai penggunaan waktu
  • Peinsip & konsep manajemen waktu yang efektif
  • Faktor-faktor pemborosan waktu
  • 4 generasi waktu& Matrix time management
  • Keseimbangan wktu, manfaat dan prioritas
  • Teknik hemat waktu

Metode Training
Ceramah, Diskusi, Simulasi

Who Should Attend? :
Manajer, Supervisor atau Staff yang berkaitan dengan bidang Produksi, Engineering, HRD, Finance, Marketing, IR dll

Speaker :
Johnson Alvonco, Ph.D.
Managing Director Johnson Indonesia, Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, alumni Universitas Indonusa Esa Unggul, alumni Academy of Analytical Chemistry - Bogor, American World University, Iowa State - USA. Sebagai praktisi profesional kurang lebih 15 tahun diperusahan seperti: Jepang (PT. Asahimas Subentra Chemical) dan Eropa dengan posisi managerial level. Memiliki pengalaman sebagai Consultant dan Trainers Professional di bidang: Human Resources Development, Leadership Development Training, Supervisory Management Training, PPIC, Operation Management, Purchasing Management, Supply Chain Management, Logistic Management, 5-S, Marketing & Sales Management dll. Pengalaman Trainer secara in-house training dibeberapa perusahaan yaitu: PT. Sanyo Compressor Indonesia, PT. Komatsu REMA, PT. Hexindo, PT. Wiraswasta Gemilang Indonesi (produk oli Pennzoil), PT. Bukaka Teknik Utama, PT. Adis Indonesia (Sepatu Nike), PT. DHL Exel Supply Chain Indonesia, PT. Maitland Smith Indonesia, dll.


Labels:

Posted by wishmaster, 2:07 AM | 0 comments |

Effective Management and Leadership Skills

(Organizer : Samchad Consulting Indonesia)

Date :
Friday, 14-12-2007 until Saturday, 15-12-2007
08:30 - 17:00

Venue :
Aston Atrium Hotel
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 1.500.000,-

Seminar/Conference Description :
Training Objectives
The successful managers must have an awareness of basic management and leadership skills and processes, specifically not only be able to plan, schedule work, organize resources, actuate and control the process to achieve desired objectives effectively and efficiently but also to inspire, motivate and develop his/her people. However many managers get promoted without a proper development in place that leads him/her thinking and working as an operative people.

This management skills course offers the kind of practical learning with the objective to develop the skills and knowledge of managers to enable them to be more:

  • Effective in their organization's day-to-day work
  • Successful in achieving the results for which they are accountable
  • Successful in contributing to positive business results.

Other Benefits
By attending this workshop, participants will

  • Have a broader knowledge of the management process
  • Know how to determine his/her objectives, determine the strategy to achieve them and develop relevant programs
  • Have an ability to establish an action plan to meet the needs.
  • Start thinking 'like a manager'
  • Understand how to spent more time 'leading and managing' and less time 'doing'
  • Has an understanding oh his/her own leadership (strong and weaknesses)
  • Understand how to be an effective leaders

Who Should Attend? :
Supervisors, new managers, managers or veteran manager (who has never been exposed to management and leadership courses).

Speaker :
Sahala P. Sinurat
Founder of PT Samchads Consulting Indonesia
Sahala P. Sinurat, MSc . Is a management consultant specializing in training programs designed to increase managerial effectiveness, specifically, program relating to supervisory management and performance management. Mr. Sinurat obtained his master degree in Operations Research from University of Delaware, Newark, US. His working experience includes:

  • Professional Staff to Lembaga PPM
  • Training and Development Manager for Rothmans of Pall Mall Indonesia
  • Training and Development Manager for the British American Tobacco Indonesia (BAT).

Mr. Sinurat has led more than 200 training programs. His clients list includes PT Surveyor Indonesia, PT Coca Cola Indonesia, PT DaimlerChrysler, PT Telkom, PT Sanyo Electronics Indonesia, PT Capsugel Indonesia, PT Jasa Marga, PT Pelindo II, PT BASF, PT Advanced Interconnect Industries, PT Amarta Karya, PT Philip Morris Indonesia, PT BAT Indonesia, PT Rothmans of Pall Mall Indonesia, Etc.

Outline :

  1. Introduction / Background
  2. Part-1: Management Skills
    1. Planning
    2. Explain why planning is needed in organizations, Describe the basic steps in the planning process
    3. Organizing
      Explaining why organizational is important, describe the steps in organizing.
    4. Actuating
      Activities of actuating, Motivation, Communication, Selecting people, Developing people, Practical exercise.
    5. Controlling
      Explain why the control function is necessary, Activities of controlling, Characteristics of effective control systems, Practical exercise.
    6. Practical Exercise: Implementation (Objective Setting and Action Plan Development).
    7. Level of Management (and Its Main Purpose)
    8. Managerial Skills
  3. Part-2: Leadership Skills
    1. What is Leadership
      Definition, why leadership is important for companies, Self-leadership assessment.
    2. Leadership Behavior
      Leader behavior: Task behavior, Leader behavior: Relationship behavior, Practical exercise.
    3. Leadership Styles
      The four leadership styles, Practical exercise.
    4. Follower Readiness
      Ability and willingness, Readiness indicators, The four readiness levels, Practical exercise
    5. Leadership Styles and Readiness Levels
      Leadership styles and readiness levels, Practical exercise.
    6. Your Leadership Styles
      Your leadership style profile, Consequence of leader behavior
    7. Training Action Plan
      Concept implementation on participants own subordinate development plan
    8. Leadership Integrated Games
      Combination of problem solving and decision making, group dynamics and situational leadership.
  4. Closing (Summary and Conclusion).

Labels:

Posted by wishmaster, 2:06 AM | 0 comments |

Workload Analysis

(Organizer : Value Consult)

Date :
Wednesday, 20-12-2006 until Thursday, 21-12-2006
09:00 - 17:00

Venue :
Grand Flora Hotel
Jl. Kemang Raya No. 7
Tlp. 719 8000
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 3.750.000,-

Early Bird Fee: Rp 3.250.000,- (pay before Dec 15, 2006)

Seminar/Conference Description :
Free CD berisi:

  • Kuesionair Pengumpulan Data Analisa Beban Kerja
  • Spreadsheet Penghitungan Beban Kerja Jabatan, Individu, Unit di Perusahaan
  • Spreadsheet Penghitungan Kebutuhan Jumlah SDM pada Setiap Jabatan dan Unit
  • Pedoman Wawancara Analisa Beban kerja

Pertanyaan yang sering muncul ketika suatu perusahaan terhimpit kerugian atau berusaha memperkuat kemampuan bersaingnya adalah bagaimana cara mengefisienkan perusahaan. apakah jumlah SDM/karyawan yang ada sekarang ini berlebih, kurang atau sudah optimum dengan kebutuhan perusahaan, dan bagaimana cara mengetahui atau mengukur hal-hal tersebut?

Banyak cara/teknik/metode yang dapat digunakan untuk menjawab serangkaian pertanyaan tersebut, namun metode yang dianggap paling akurat untuk digunakan adalah Analisis Beban Kerja (Workload Analysis). Metode analisis beban kerja yang akan diberikan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyelidikan waktu (time study).
Dengan menganalisis waktu yang seharusnya dikonsumsi pemegang jabatan untuk
melaksanakan tugas-tugas jabatannya sesuai dengan yang diharapkan dibandingkan dengan waktu efektif yang tersedia maka akan diperoleh nilai beban kerja (dalam prosentase) suatu jabatan/unit/perusahaan. Berapa kelebihan atau kekurangan jumlah SDM pada suatu jabatan/unit/perusahaan akan diperoleh dengan membandingkan kebutuhan jumlah karyawan yang optimum dengan jumlah SDM yang ada saat ini di jabatan/unit/perusahaan.

Implikasi dari hasil analisis beban kerja ini, selain pengurangan/penambahan jumlah SDM juga dapat berupa rekomendasi penyempurnaan job description, prosedur kerja (system operating procedure), restrukturisasi organisasi, dan pelatihan peningkatan competency SDM. Informasi lebih terinci mengenai hal-hal tersebut akan diperoleh dengan mengikuti workshop ini.

Speaker :
Adil Kurnia
Psikolog dari UI serta mengikuti pendidikan Magister dibidang Manajemen SDM dan Psikologi Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Departemen Perhubungan, Deperindag, PT. Pelindo, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, PT. Aerowisata, Hotel Preanger, Bank Indonesia, Bank Mandiri (sekarang), PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Jasa Raharja, Bank Bukopin, PT. Secure Parking, dan lainnya.

Outline :

  1. Pengertian Analisa Beban Kerja (Workload Analysis)
  2. Tujuan & Manfaat Analisa Beban Kerja
  3. Jenis-jenis Beban Kerja (BK Jabatan, BK Individu, BK Unit Kerja, BK Perusahaan)
  4. Pendekatan & Metode dalam Analisis Beban Kerja
  5. Penyelidikan Waktu (Time Study)
  6. Jenis-Jenis Tugas (Pokok, Tambahan, Lain-lain, Rutin, Berkala, Insidentil)
  7. Tahapan/Langkah-langkah Pelaksanaan Tugas
  8. Waktu Pelaksanaan Tugas
  9. Kelonggaran Waktu (Allowance)
  10. Beban Kerja Standar
  11. Alat Pengukuran yang digunakan
  12. Teknik Analisis Data yang digunakan
  13. Proses/Langkah-Langkah Pelaksanaan Analisis Beban Kerja
  14. Wawancara dalam Analisis Beban Kerja
  15. Perhitungan Beban Kerja Jabatan, Individu, Unit Kerja, dan Perusahaan
  16. Perhitungan Kebutuhan Jumlah SDM yang Optimum
  17. Perhitungan Kelebihan/Kekurangan Jumlah SDM
  18. Rekomendasi penyempurnaan job description (disain ulang tugas jabatan) dan SOP
  19. Rekomendasi penyempurnaan struktur organisasi
    (penggabungan/pemisahan unit kerja)
  20. Latihan Wawancara Analisis Beban Kerja
  21. Latihan Menghitung Beban Kerja dan Kebutuhan Jumlah SDM Optimum suatu Jabatan/Unit/Perusahaan

Labels:

Posted by wishmaster, 2:05 AM | 0 comments |

Building & Managing High Performance Teams

(Organizer : Maxima Consulting)

Date :
Wednesday, 20-12-2006 until Thursday, 21-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Aston Atrium Hotel
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.500.000,-

Seminar/Conference Description :
Objectives
To provide delegates with the techniques necessary to motivate and energize individuals within their teams. Participants will learn practical ways in which to lead, organize and empower people in order to achieve improved performance and outstanding results.

Who Should Attend? :
This demanding program is designed for managers, supervisors and team leaders who are responsible for providing clear direction and leadership to their teams in order to maximize effort, commitment and achievement of the goals as set.

Speaker :
Twela Gunawan, SE., MM
Managing Director Maxima Consulting
Twela is a Professional Trainer who has extensive teaching and training experience in several large companies. He has conducted Public and In-house trainings with excellent results since 1990. A graduate of Faculty of Economics University of Indonesia, and has attended various management trainings in Indonesia, Japan, Hong Kong, Singapore, Thailand, Philippines and Australia. He has about 20 years of working experience in some big National and Multi National Companies as General Manager, and also as a Professional Staff to Lembaga PPM. He is currently Managing Director of Maxima Consulting, while teaching at the Master of Management Program at some prominent universities in Jakarta.

Outline :

  1. Introduction / Background
  2. Defining the role of a Team Leader
    • Characteristics of a successful team leader
    • Leadership styles
  3. Recruitment and Selection
    • Preparing for selection interviews
    • Effective listening and questioning skills
    • Documentation and verification
  4. Building a high performance team
    • Establishing team roles and responsibilities
    • Encouragement of mutual respect and co-operation
    • Running effective and productive meetings
  5. Plans and performance
    • Reviewing performance and how to handle poor performance
    • Positive and negative feedback
    • Coaching styles and techniques
  6. Developing strategies for the team
  7. Time management and personal effectiveness
    • Setting personal and team objectives
    • Coping strategies when overload situations occur
    • Effective delegation
  8. Communications
    • Building and utilizing sound channels of communication
    • Understanding the need for assertiveness in team briefings
    • Conflict resolution within the team
  9. Problem solving and decision making
    • Persuading other team members to use their initiative
    • Solving problems collectively as a team
  10. Closing
    • Summary and Conclusion

Labels:

Posted by wishmaster, 1:45 AM | 0 comments |

Managing and Delivering Presentation Effectively

(Organizer : Intersystem Consulting)

Date :
Wednesday, 20-12-2006 until Thursday, 21-12-2006
08:30 - 16:00

Venue :
Gedung Bank Mandiri
Jl. Tanjung Karang 3-4 A Jakarta 10230
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 3.000.000,-

Seminar/Conference Description :
Background:
Komunikasi ada dalam hampir semua aktifitas manusia, karenanya menjadi sangat penting untuk dapat berkomunikasi secara efektif. Salah satu jenis komunikasi yang sering dianggap dapat menunjang karir seseoarang adalah kemampuan presentasi. Mengapa?

Dengan kemampuan presentasi yang handal, banyak hal dapat diraih seseorang. Ide yang amat sederhana dapat terlihat cemerlang dan sangat menarik perhatian investor, customer, pengambil keputusan atau top manajemen perusahaan. Dengan cara ini dana yang cukup besar mengalir dengan mudah untuk menunjang realisasi ide sederhana tadi. Hal ini membuat iri orang lain yang punya ide serupa, tapi tidak dapat "menjualnya" menjadi sesuatu yang menarik perhatian, sehingga ide itu menjadi angan-angan saja.

Seorang dosen yang terkenal pandai dan memiliki banyak ilmu pengetahuan tetapi tidak favorit di tempatnya mengajar, karena cara mengajarnya yang membosankan, penjelasannya tidak mudah dicerna. Para mahasiswa lebih tertarik pada pengajar yang biasa-biasa saja tetapi mampu membuat mahasiswa lebih semangat mengikuti kuliah.

Pemilihan presiden di beberapa negara, salah satu faktor penentu keberhasilannya adalah bagaimana cara ia menarik minat dan perhatian rakyat dengan orasi langsung dihadapan rakyat mengkampanyekan program-programnya yang akan ia jalankan kalau ia terpilih. Mungkin beberapa calon punya ide atau program yang sama atau hampir serupa tetapi pemenangnya sedikit banyak akan ditentukan oleh bagaimana cara ia menyampaikannya.

Seorang pimpinan perusahaan mempunyai dua orang calon manajer yang sama baiknya dari segi kemampuan, bingung menentukan pilihan siapa yang akan diangkat. Penentunya siapa yang akan diangkat seringkali merujuk pada bagaimana cara dia berinteraksi dengan orang lain. Bagaimana cara ia mempresentasikan idenya, bagaimana cara ia berbicara tentang pemikirannya, atau sekedar bagaimana cara ia berbicara di dalam sebuah rapat.

Masih banyak contoh lain yang mengedepankan bagaimana pentingnya komunikasi itu memainkan peran yang besar dalam menunjang keberhasilan pekerjaan dan karir seseorang.

Objectives:
Setelah mengikuti workshop ini diharapkan peserta percaya diri dan mampu untuk berbicara dihadapan orang banyak atau melakukan presentasi yang efektif.

Prerequisite:
Mempunyai kebutuhan yang signifikan untuk melakukan presentasi, seperti sales marketing, auditor, manajer, project manajement, instructur, dan lain-lain

Early Bird 13 December

Who Should Attend? :
Staf, manajer atau calon manajer, profesional di segala bidang yang dalam pekerjaannya membutuhkan presentasi sebagai penunjang karirnya

Speaker :
Laksmi Mugirahayu, Dra. MPsi.
Sarjana Psikologi dan Magister Psikologi dari Universitas Indonesia sangat berpengalaman antara lain dalam bidang Organisation Development, Assessment Center, dan Training Development.

Outline :
Hari Pertama :

  • Mempersiapkan diri sebagai presenter
  • Mempersiapkan presentasi
  • Melakukan presentasi
  • Latihan
  • Feedback

Hari Kedua :

  • Presentasi menggunakan alat bantu komputer dan -LCD
  • Latihan
  • Feedback

Labels:

Posted by wishmaster, 1:44 AM | 0 comments |

Young Managers Program Development

(Organizer : Johnson Indonesia)

Date :
Wednesday, 20-12-2006 until Thursday, 21-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Mega Anggrek Hotel
Jl. Arjuna Selatan No. 4
Kemanggisan
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.750.000,-

Seminar/Conference Description :
Kurikulum Young Managers Program Development dirancang sesuai kebutuhan para Manajer muda, dimana materi ajaran adalah topik-topik pilihan dari berbagai mata ajaran manajemen praktikal disamping berbagai topik lain guna membantu Anda menjadi Manajer muda yang Kompeten dan mempersiapkan Anda untuk jenjang karier yang lebih tinggi.

Manfaat training :

  • Peserta memahami konsep perencanaan bisnis
  • Peserta mampu membuat suatu perencanaan bisnis (Business Plan) yang komprehensif
  • Peserta mampu membuat pemecahan masalah (Problem olving & Decision Making)

Speaker :
Johnson Alvonco, Ph.D.
Managing Director Johnson Indonesia, Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, alumni Universitas Indonusa Esa Unggul, alumni Academy of Analytical Chemistry - Bogor, American World University, Iowa State - USA. Sebagai praktisi profesional kurang lebih 15 tahun diperusahan seperti: Jepang (PT. Asahimas Subentra Chemical) dan Eropa dengan posisi managerial level. Memiliki pengalaman sebagai Consultant dan Trainers Professional di bidang: Human Resources Development, Leadership Development Training, Supervisory Management Training, PPIC, Operation Management, Purchasing Management, Supply Chain Management, Logistic Management, 5-S, Marketing & Sales Management dll. Pengalaman Trainer secara in-house training dibeberapa perusahaan yaitu: PT. Sanyo Compressor Indonesia, PT. Komatsu REMA, PT. Hexindo, PT. Wiraswasta Gemilang Indonesi (produk oli Pennzoil), PT. Bukaka Teknik Utama, PT. Adis Indonesia (Sepatu Nike), PT. DHL Exel Supply Chain Indonesia, PT. Maitland Smith Indonesia, dll.

Outline :

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Strategik
  • Pengembangan Bisnis
  • Etika Bisnis
  • Problem Solving & Decision making

Labels:

Posted by wishmaster, 1:42 AM | 0 comments |

Piping Stress Analysis Using CAESAR II (Advanced Course)

(Organizer : OTI Transformasi Lintas Internasional)

Date :
Wednesday, 13-12-2006 until Friday, 15-12-2006
08:30 - 16:00

Venue :
Holiday Inn Hotel
Jl. Ir. H. Juanda No. 33
Bandung, INA

Fee :
USD 825,-

Seminar/Conference Description :
This course is intended to anyone involved in piping in the petroleum, petrochemical, power plant and other related industries.

This course would provides :

  • Understanding of basic principles of design and piping stress analysis and piping code.
  • Answer to mechanical problems in industrial piping system
  • Mastery of model, application and interpretation of calculation results of analysis software package

Advanced Course :

  • Building a proper dynamic model
  • Interpreting dynamic results
  • Solving vibration problems using harmonic analysis
  • Seismic analysis using the response spectrum method
  • A survey of approaches to evaluating relief valve discharge

Teaching System :
This course, being a combination of theory and application of design and piping stress analysis, will adopt teaching system consisting of 30% theory and 50% workshop using CAESAR II software and 20% discussion and quiz.

  • Programming : Basic, Fortran C
  • Engineering Application : NASTRAN, ANSYS (Finite Element Program), CAESAR II, CAEPIPE (Pipe Stress Analysis Program), PVELITE, CODECALC (Pressure Vessel Design Analysis), CADWorx/Pipe (3DCAD Piping Layout Design), PATRAN (Pre/Post Processing Program)

Workshop will be delivered in bahasa Indonesia

Fee:
US$. 750 + 10% VAT

Who Should Attend? :
Mechanical/Piping Engineers, Engineering Managers, Plant Managers, Fresh Graduates or Mechanical Engineering Students interested in piping engineering.

Speaker :
Ade Jamal, DR. Ir.
Structural and Pipe Stress Analyst
is an experienced practitioner and engineer in the area of piping stress analysis.
He has a Master's degree in Aeronautical Engineering from Delft University of Technology - Netherlands and has completed his Doctor's degree in Stability or Composite Structure from Delft University Technology.
He is a Piping/Mechanical Engineer and Specializes in Computer Aided Engineer (Structural and Pipe Stress Analyst)

Labels:

Posted by wishmaster, 1:41 AM | 0 comments |

Lean Production : Roadmap to World Class Manufacturing

(Organizer : PQM Consultants)

Date :
Wednesday, 13-12-2006 until Thursday, 14-12-2006
08:30 - 16:00

Venue :
Aryaduta Hotel
Jl. Prapatan 44-48
Jakarta,

Fee :
Rp 2.750.000,-

Discount 1 peserta untuk tiap 6 peserta dari perusahaan yang sama, yang berlaku juga untuk mengikuti topik yang berbeda

Seminar/Conference Description :
Lean Production berarti "doing more and more with less and less", artinya memproduksi semakin banyak dalam waktu yang semakin singkat, dengan ruang produksi yang lebih kecil serta dengan mesin, tenaga kerja dan material yang lebih sedikit.

Lean Production adalah suatu pendekatan sistematis untuk mengidentifikasikan dan mengeliminasi pemborosan, yaitu kegiatan yang tidak memberi nilai tambah melalui aktifitas peningkatan terus-menerus serta mengoptimalkan value stream.

Penerapan Lean Production akan menciptakan proses produksi yang mengalir yang ditarik dan dikendalikan sesuai dengan derap permintaan pelanggan. Penerapan Lean Production juga ditujukan untuk mengeliminasi inventori yang belum diperlukan (berlebih).

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan:

  • Memahami Lean Concept dan Lean Thinking
  • Memahami pentingnya mengeliminasi pemborosan
  • Memahami teknik-teknik Lean Production
    • Pull Production
    • Takt Time
    • Kanban
    • Work Cell
    • Produksi dengan Lot kecil
    • Menekan Set Up Time dan Lead Time
    • Standar Kerja
    • Autonomation (Jidoka)
    • Poka Yoke
    • Visual Management
  • Mengintegrasikan teknik-teknik Lean Production
  • Memahami Value Stream Mapping and Redesign
  • Memahami langkah-langkah penerapan Lean Production

Garis Besar Program

  • Prinsip Dasar Lean Production
  • Value Stream Mapping and Redesign
  • Teknik-teknik Lean Production
  • Menciptakan stabilitas dalam system produksi
  • Sistem Produksi Tarik dengan Kanban
  • "Flow production"
  • Menciptakan mutu pada sumbernya dengan Jidoka Line Stop, Poka Yoke, dll
  • 8 Langkah implementasi Lean Production

Metoda Pelatihan
Ceramah, Presentasi Video dan Diskusi

Who Should Attend? :
Direktur Produksi, Manajer Produksi, Manajer Pabrik, Manajer PPIC, Manajer Persediaan

Speaker :
Team Pengajar PQM

Outline :
Hari Pertama

  • 08.00 Registrasi
  • 08.30 Pembukaan
    LeanThinking dan Lean Production
    • Lean Production sebagai Manufacturing Strategy
    • Sasaran Lean Production
    • 14 Prinsip Toyota Way
    • Manfaat Lean Production
  • 10.00 Rehat Kopi 10.30 - Waste Elimination dan Value Stream
    • Mengeliminasi 8 Pemborosan
    • Presentasi Video: "Eliminating Waste"
    • Value Stream Mapping and Value Stream Redesign
    • Teknik-teknik Untuk Mengeliminasi Pemborosan 12.00 Makan Siang
  • 13.00 - Menciptakan Proses Produksi Mengalir (Flow Production)
    • Manfaat Flow Production
    • 7 Tuntutan Flow Production
    • Product-oriented Layout vs. Process-oriented Layout
    • Waste dalam Process-oriented Layout
    • Peningkatan Keterampilan Karyawan
    • 14.30 Rehat Kopi
    • 15.00 - Sistem Tarik dengan Kanban
    • Apa itu Kanban
    • Sistem Produksi Tarik versus Sistem Produksi Dorong * Kanban Game

Hari Kedua

  • 08.00 - Mengaitkan Produksi Dengan Derap Permintaan Pelanggan
    • Fungsi Kanban
    • Aturan Main kanban
    • Sirkulasi Kanban
    • Presentasi Video: Kanban in Action: "Case Study in a Die Casting Factory"
    • Takt Time
    • Produksi Campur/Merata (Heijunka)
  • 10.00 Rehat Kopi
  • 10.30 - Melakukan Peningkatan di Area Kerja
    • Menekan Set Up Time (Dandori)
    • Memperkecil Lot Size
    • Memperpendek Lead Time
    • Presentasi Video: "Standardizing Set Up Case Study in aMachine Factory"
    • Standar Kerja
  • 12.00 Makan Siang
  • 13.00 - Menciptakan Mutu pada Sumbernya (Built in Quality)
    • Jidoka
    • Line Stop
    • Visual Control
    • Statistical Process Control
    • Poka Yoke Mencegah Kerusakan Mesin
    • Kerusakan itu tumbuh
    • Mencegah Kerusakan dengan Perawatan Mandiri
  • 14.30 Rehat Kopi
  • 15.00 - Mengimplementasikan Lean Production
    • 8 Langkah Implementasi Menuju Lean Production Budaya "Lean"
  • 16.15 Evaluasi dan Penutupan

Labels:

Posted by wishmaster, 1:39 AM | 0 comments |

PKWT, Harian Lepas atau Outsourcing?

(Organizer : Corporate Human Resource)

Date :
Wednesday, 20-12-2006 until Wednesday, 20-12-2006
10:00 - 15:00

Venue :
Kampus Magister Manajemen UI
Salemba
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 500.000,-
Rp. 900.000/ 2 orang

Seminar/Conference Description :
Merekrut tenaga kerja dalam era hukum perburuhan yang makin berkembang saat ini memerlukan analisa yang tidak sederhana. Jika langsung merekrut dengan status ikatan kerja permanen (PKWTT) secara regulasi memang cukup aman, namun mengandung konsekwensi biaya masa depan yang relatif significan. Sedangkan jika merekrut karyawan dengan status sementara, baik itu dengan cara PKWT, Harian Lepas atau bahkan dengan mekanisme Outsourcing secara financial memang relatif tidak mengandung biaya masa depan, namun secara regulasi, banyak persyaratan-persyaratan atau ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi agar terhindar dari kemungkinan terburuk di masa depan.

Memahami perjanjian kerja yang benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku merupakan hal yang sangat penting dan strategis. Karena pertama, perjanjian kerja memuat segala konsekuensi yang menjadi hak dan kewajiban baik pengusaha maupun pekerja/buruh. Kedua, perjanjian kerja merupakan dasar hukum bila terjadi perselisihan di kemudian hari. Jangan sampai mengalami apa yang dalam suatu ungkapan dikenal dengan "Mau untung malah buntung".

Dalam seminar ini akan dibahas tentang aspek regulasi terkait perjanjian kerja dan hubungan kerja termasuk juga analisa cost & Benefit penggunaan tenaga kerja dengan berbagai pilihan yang ada. Beberapa kasus menarik juga akan disampaikan melalui seminar ini untuk menambah wawasan dan pemahaman para peserta.

Tujuan & Manfaat

  • Memahami secara kompehensif konsep hubungan kerja berdasarkan undang-undang
  • Mendapatkan informasi tentang masalah-masalah yang sering dihadapi perusahaan dalam merancang perjanjian kerja.
  • Memahami cost dan benefit atas pilihan hubungan kerja yang dilakukan

Who Should Attend? :
Praktisi HRD/Personalia, Pimpinan Perusahaan, Manpower Consultants, Mahasiswa

Speaker :

  1. I Wayan Nedeng, SH (Asst. Menteri Tenaga Kerja RI)
    Konsultan ketenagakerjaan di beberapa perusahaan dan lembaga pelatihan termasuk CHR dengan pengalaman sebagai Anggota Tim Asistensi Menakertrans (Ketua Pokja Hukum dan Perundangan-undangan). Sebelum pensiun beliau adalah mantan pejabat dilingkungan Depnakertrans, antara lain pernah menjabat sebagai Kepala Subdit Perjanjian Kerja, Kepala Subdit Penyelesaian Perselisihan Industrial Pada Perusahaan Swasta, KUPT ( Wakil Kakanwil) Depnaker Prop Kalimantan Barat, Kepala Kepaniteraan Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P), Direktur Persyaratan Kerja, Direktur Syarat Kerja, Pengupahan dan Jaminan Sosial serta Ketua Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P).
  2. FX Djoko Soedibjo, Ir, MBA. (Senior HR Consultant)
    Praktisi Senior di bidang penanganan Sumber Daya Manusia dan Hubungan Industrial dengan pengalaman di berbagai perusahaan besar antara lain sebagai Human Resources & General Affairs Director PT. Indomobil periode tahun 1991-1995 dan sebelum pensiun beliau menjabat sebagai Human Resources Director PT. HSBC periode tahun 1996-2000. Pegalaman sebagai praktisi akademis juga pernah dijalaninya selama periode 1986-1983 dengan menjadi Wakil Dekan Universitas Tarumanegara setelah sebelumnya sempat menjadi Direktur Institute of Technology Indonesia (1984-1986) dan staf konsultan pada Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (LPPM) selama periode 1976-1983. Saat ini beliau aktif sebagai konsultan pada DSA Consulting dan nara sumber PT. Indo Human Resource untuk berbagai acara workshop atau seminar tentang ketenagakerjaan serta menjadi konsultan tetap Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DKI Jakarta.

Labels:

Posted by wishmaster, 1:38 AM | 0 comments |

Persiapan Memasuki Masa Purna Bakti dan Teknik Kewirausahaan

(Organizer : Fiqry Jaya Manunggal)

Date :
Monday, 18-12-2006 until Wednesday, 20-12-2006
08:30 - 16:30

Venue :
Holiday Inn Hotel
Jl. Ir. H. Juanda No. 33
Bandung, INA

Fee :
Rp 4.950.000,-

Seminar/Conference Description :
Pendahuluan
Siklus hidup seoang karyawan rata-rata berakhir diusia 55 tahun dengan masuknya yang bersangkutan pada kategori Bebas Tugas (Purna Bakti). Banyak kondisi yang menyertai mereka ketika memasuki masa bebas tugas tersebut, baik kondisi mental yang rapuh, ekonomi yang tidak stabil hingga masalah kesehatan. Berdasarkan penelitian selama ini, kondisi yang terberat yang akan dialamai oleh mereka yang memasuki masa pension adalah kondisi mental (post Power Syndrome)

Kondisi yang tidak dipersiapkan dengan baik sebelum memasuki masa purna bakti akan menjadi penyebab bagi munculnya gangguan-gangguan lain.

Perubahan yang memikirkan dan mempersiapkan kehidupan karyawannya sehingga memasuki masa purna bakti merupakan perusahaan yang peduli akan masa depan mereka. Itulah sebabnya pembekalan bagi mereka yang akan memasuki masa purna bakti merupakan hal yang mutlak perlu. Sekalipun uang yang akan diberikan cukup untuk hari tua mereka, namun jika tidak dibarengi dengan pembekalan yang memadaijustru akan akan menghambat upaya mereka dalam mengelola keuangan mereka dengan baik.

Tujuan Pelatihan

  • Peserta mengerti kondisi-kondisi mental memasuki mas purna bakti.
  • Meng-elimir dampak ganguan psikis/mental pada mereka yang akan memasuki masa puna bakti
  • Menganalisa dampak gangguan psikosomatis (ganguan fisik sebagai akibat stress)
  • Teknik dan cara mengisi kegiatan yang produktif di usia purna bakti.
  • Membantu peserta memberikan inspirasi dan cara mengelola keuangan dengan baik.
  • Kiat-kiat dalam berwirausaha diusia purna bakti.
  • Kiat-kiat dalammemasarkan produk
  • Mengembangkan sikap mental positif dan sikap kewirausahaan.

Metode Pelatihan

Metode pelatihan yang dipergunakan adalah dengan Experiential learning, dimana peserta akan menemukan insight untuk perubahan diri melalui setiap permaianna maupun diskusi yang diberikan. Penjabaran metode ini adalah:

  • Smart lecture
  • Case Study
  • Games-Simulation
  • Training by Film
  • Outdoor/Indoor Activity
  • Role Play

Speaker :
Joko Margono.Ir, MBA

Graduated from Bachelor Degree of Civil Engineering, Surabaya Technology Institute. During his career as a head inspectorate at several companies in Indonesia, he also earns his Business Master Degree of Belgium University.

In additional his experiences, he lead various courses such as Supply Chain Management, Logistic & material Management, The Art & Power of negotiation, team Building, Problem Solving & Decision Making, Owner Estimate Analysis and many others.

Active as a leader, he is also actives as American Railway Engineering and Maintenance of Way Association and as a Chairman Representative Information Centre West Java of Forum on Good Corporate Governance Indonesia (FCGI).

Outline :
Day 1:

  • Ice Breaker
  • Aspek Mental Usia Purna Bakti
  • Aspek Kesehatan Usia Purna Bakti
  • Aspek Kerohanian Memesuki Usia Indah

Day 2:

  • Teknik Kewirausahaan
  • Identifikasi Minat dan Usaha
  • Menyusun rencana Usaha
  • Modal Usaha

Day 3:

  • Motivasi Mencapai Sukses dan Kreativitas.
  • Seni Pemasaran Praktis
  • Mental Kewirausahaan
  • Succes Story

Labels:

Posted by wishmaster, 1:36 AM | 0 comments |

AS/400 Control Language Programming

(Organizer : 400 Education Center)


Date :
Monday, 18-12-2006 until Wednesday, 20-12-2006
09:00 - 16:00

Venue :
Wisma Nugra Santana
Jalan Jend. Sudirman Kav. 7-8 Jakarta 10220
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 4.250.000,-

Seminar/Conference Description :
The AS/400 Control Language (CL) is a set of commands that provides the primary interface between users and the system. A single CL statement is called a command. CL command can be grouped together from a CL program that incorporates control structures and processing activities and job processing.

Prerequisites
Familiarity with AS/400 programming concept is a highly prerequisite to attend this class or have taken the course of AS/400 System Operation Fundamental (SOF) and System
Operation Advance (SOA).

Who Should Attend? :
A working knowledge of CL is essential for AS/400 professional and users who use the system to run jobs, develop application program, and perform system and operating functions.This course is ideal for the one who will be a Programmers, or Analysts who are responsible for designing, developing and maintaining applications.

Speaker :
IBM Trainer

Outline :

  • CL Command Syntax and Structure
  • Major Command Groups and the Command Driver
  • Command Entry and Command Prompt
  • The Functions and Structure of CL Programming
  • Entering and Compiling CL Program
  • CL Variables
  • CL Expression and Operators
  • Working with Objects in CL Procedure and Programs
  • Working with Messages
  • Working with Data Areas
  • CL Built-In Function
  • Calling Program and Passing Parameter

Labels:

Posted by wishmaster, 1:33 AM | 0 comments |