Pembuatan Perjanjian & Akta

Desain & Implementasi
Pembuatan Perjanjian & Akta
Mengupas Tuntas Seluk Beluk Perjanjian & Akta
Jakarta, 6 Januari 2007

Latar Belakang
Hampir setiap urusan bisnis, hukum, ataupun pemerintahan baik corporate maupun personal akan memerlukan perjanjian atau kontrak sebagai koridor dasar yang akan menentukan hak, kewajiban, dan wewenang para pihak yang terlibat didalamnya. Perjanjian atau kontrak berlaku sebagai undang-undang bagi para pihak yang membuatnya dan pihak ketiga wajib menghormatinya, sebegitu pentingnya kontrak atau perjanjian ini maka sudah saatnya pelaku usaha, karyawan, dan anda yang sering terlibat dalam bisnis maupun organisasi untuk mengetahuinya secara mendalam.

Pembuatan perjanjian/kontrak yang benar baik bentuk maupun isinya, dan terpenuhinya baik syarat material maupun syarat formalnya, akan membuat para pihak pembuatnya dapat memastikan hak-haknya secara hukum terlindungi dengan baik. Dan jika timbul masalahpun akan dapat dengan mudah diselesaikan atau dikembalikan sesuai hak dan kewajibannya secara proporsional.

Tidak jarang terjadi klaim ganti kerugian terganjal oleh klausul force meijer atau ditolak karena bentuk akta yang dibuat tidak sesesuai dengan otentisitasnya, kurang legalisasi akta atau materei menjadi kendala dalam pengesahan suatu ijin, penafsiran yang menjadikan debat yang berkepanjangan, kurang surat kuasa ditolak dalam mengurus suatu urusan penting adalah sedikit contoh karena pembuat kontrak atau perjanjian kurang bahkan tidak memahami secara mendalam cara membuatnya.

Strategi negosiasi akan menjadi modal yang begitu penting untuk menentukan isi kontraknya, karenanya pihak yang menguasai strategi negosiasi kontrak akan dapat mengendalikan isi kontrak agar sedapat mungkin mengakomodasikan kebutuhannya dan menekan sampai seminimal mungkin risiko terhadapnya.

Tujuan
a. Memberikan pemahaman yang konseptual dan sistematis kepada para Praktisi HRD, General Affair, Corporate Legal maupun pelaku bisnis rumahan / UKM sehingga mampu membuat Perjanjian / Kontrak sesuai dengan kebutuhan perusahaan ataupun bisnisnya.
b. Mengerti dan mampu menangani semua formailtas yang perjanjian / kontrak / akta berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
c. Memahami & sanggup berstrategi dalam membuat sebuah perjanjian / kontrak / akta.

Outline
1. Pengertian kontrak/perjanjian
2. Syarat syahnya kontrak/perjanjian baik formal maupun material
3. Persyaratan dalam pembuatan kontrak/perjanjian
4. Unsur-unsur dalam pembuatan kontrak/perjanjian
5. Cacat kehendak, baik sebab maupun akibatnya
6. Kontrak standar
7. Kerangkan perjanjian
8. Asas konsensualitas
9. Akta otentik dan akta di bawah tangan
10. Akta yang harus dibuat secara otentik
11. Legalisasi
12. Penafsiran/interprestasi
13. Surat kuasa
14. Wanprestasi dan ganti kerugian
15. Force Meijer
16. Bea materai
17. Tips membuat kontrak
18. Strategi bernegosiasi

Lokasi
Salah satu hotel di Jakarta / Training Centre WHC
Durasi
09.00 - 16.00 WIB

Investasi
Biaya Investasi Rp 1.550.000,-

Informasi & Pendaftaran
Ms. Tarry
Telp : 021 – 851 3661 ; 021 - 857 9510 (hunting) ; 021 – 856 4666 ext.1053
Fax : 021 – 851 3661 ; 021 – 857 9510
IS Plaza Building, 9th Floor, Suite 904, Jl. Pramuka Raya Kav.151, Jakarta-13120
email : training@whitehouse-consulting.com

Account :
Bank Mandiri - Cempaka Mas No.a/c 1200004754300
a/n - PT. Whitehouse Consulting

Labels: ,

Posted by wishmaster, Wednesday, December 20, 2006 6:21 PM | 0 comments |

Filing System and Documentation

(Organizer : Johnson Indonesia)

Date :
Friday, 12-01-2007 until Friday, 12-01-2007
08:30 - 17:00

Venue :
Twin Plaza Hotel
Jl. Letjen. S. Parman
Slipi, Jakarta

Fee :
Rp 1.250.000,-

Seminar/Conference Description :
Perkembangan bisnis perusahaan yang terus meningkat, urusan administrasi khususnya dalam pengelolaan informasi - terasa semakin penting. Manajemen dokumentasi yang baik akan sangat memudahkan pengelolaan informasi perusahaan sehari-hari. Pengelolaan dokumentasi yang tidak baik akan menurunkan produktivitas perusahaan terkait dengan kesulitan mencari suatu informasi yang cepat dan akurat.

Manfaat Training

  • Memiliki kemampuan menyusun klasifikasi dokumen
  • Mampu menyusun prosedur penyimpanan, pengembalian kembali, pemindahan, serta pemusnahan arsip
  • mampu menyusun jadwal retensi arsip, manual dan elektronik

Garis Besar Program Training

  • Pengantar manajemen arsip
  • Prosedur pengelolaan arsip
  • Jadwal retensi arsip
  • Sistem pengarsipan elektronik

Metode Training
Ceramah, diskusi, latihan

Who Should Attend? :
Manajer kantor atau staff yang bertanggung jawab mengelola arsip

Speaker :
Carlina Agnes Patuwo
Instruktur Praktisi & Training Specialist bidang Sekretaris & Pengembangan Diri
After taking a secretarial science degree in Tarakanita Academy, Jakarta, Lina started her working life as a secretary to a Managing Director in a large manufacturing firm in Jakarta. She spent eleven years as Executive Secretary and PA in various multinational and joint venture companies before working in human resource and training for the Joint Venture Insurance and banking firms for twelve years. Her latest position was as Human Resource and Training Manager as well as Administration Manager in JV Japanese and Singapore banks in Jakarta, Mitsubishi Buana Bank and DBS Bank Indonesia, for 8.5 years before decided to concentrate in human resource management consulting business. Lina is an acknowledged facilitator in the area of personality development, services, secretarial, and administrative skills.

Labels: ,

Posted by wishmaster, 6:20 PM | 0 comments |

Merancang PHK Yang Menguntungkan Semua Pihak

(Organizer : Lembaga Manajemen PPM-Penerbit/PT Pustaka Binaman Pressindo)

Date :
Thursday, 28-12-2006 until Thursday, 28-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Lembaga Manajemen PPM
Jl. Menteng Raya 9
Jakarta, INA

Fee :
Rp 800.000,-

Seminar/Conference Description :
Topik :

  • Pedoman Pelaksanaan Pemutusan Hubungan Kerja Sesuai Putusan MK tanggal 28 Oktober 2004
  • Masalah-masalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan Cara Penyelesaiannya
  • Pengalaman Praktisi Dalam Menyelesaikan Masalah Pemutusan Hubungan Kerja

Speaker :

  1. Sabar Sianturi, Drs.
    Ketua Tim Asistensi & Ketua P4P Pusat
  2. Kemalsjah Siregar, SH
    Lawyer
  3. Bambang Supriyanto
    Telah bekerja selama 26 tahun di bidang Human Resources di perusahaan Amerika bekerja sama dengan BPMIGAS dalam bidang usaha hulu penambangan minyak, gas bumi, dan panas bumi. Berbagai funksi Human Resources telah dijalani selama kurun waktu tersebut. Saat ini menjabat sebagai Manager Industrial Relations & Compensation/Benefit. Selain itu juga menjadi anggota Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan (P4) Pusat dan juga menjadi pengajar Kursus Reguler Hubungan Industrial, Kontraktor Production Sharing - BPMIGAS.

Labels:

Posted by wishmaster, 6:19 PM | 0 comments |

Business Process Re-Design for Human Resources

Two Days Workshop
HR Strategic Partner Implementation with Logic Simulation System Tool
Rp.2.850.000,- Jakarta, 25-26 Januari 2007

Spesial Bonus !!
CD Logic Simulation System Tool

Latar Belakang
Pengamatan pada beberapa perusahaan yang tahan dan yang rentan di era globalisasi, melahirkan pemahaman tentang RenewalCapability and Competitive Readiness, bahwa perusahaan dengan organisasi yang berbasis Human Capital terbukti sanggup bertahan dan bertumbuh, organisasi tersebut dinamakan Developmental Organization (DO).

Fondasi dasar membangun DO adalah system thinking dimulai dari pengelolaan HR yang mengait pada core business process perusahaan yang terintegrasi disetiap divisi dan departemen. Proses awalnya membutuhkan re-design dari HR department, sehingga dibutuhkan Re-Engineering HR Department.

Pelatihan ini memperkenalkan metoda sederhana membangun fondasi dasar DO sekaligus mengimplementasikannnya dengan tool Logic Simulation System. dalam Sistem Manajemen Jaring laba-laba, yang sudah dikembangkan di bidang engineering dan operation manajemen sejak 1990.

Melalui pendekatan yang berbeda, ditemukan bahwa konsep engineering design (tingkat keadaan dan kondisi batas) memiliki karakteristik unik kesatuan filosofi ilmu alam dan manusia (sosial), yang memungkinkan pencapaian tingkat respons optimum bagi setiap perubahan makro maupun mikro, sebagai dasar mendisain HR strategic partner, tanpa harus meninggalkan kerangka pokok HR itu sendiri.

Uraian Pelatihan:
1. Membangun pemahaman dasar dan latar belakang system thinking.
Future Challenges Comprehension:
· Competitive Readiness and Renewal Capability
- Kausalitas tiga sektor; industri, ketenagakerjaan dan pendidikan
- Pyramid HR Roles, Sub Roles & Competencies
- Langkah-langkah melakukan Re-engineering HR Department
- Restructuring & Repositioning HR
- Expand Services
- Strategic Business Partnerships
- Strategic Business Partnerships
- Management Development Partnership
- Organizational Development Partnership
- HR Strategies
- HR Roles
- HR Responsibility
Organization Character Comprehension:
· Ready to Change, by culture change and change agent development
- LSS Change Process Synergy Model; by Comunication science and Developmental methods.
- LSS Education Responsibility; to produce change agent
Tools Characteristic Comprehension:
· Conversion the Uncontrollable Environment to Controllable Environment
· Measurement Control Process and Precision Control Result
- Problem Identification, Alternative Solution and Formulation
- Integrated HR System, Alur dan bagan HR System
- Tools: LOGIC SIMULATION SYSTEM (LSS)
- Tools Approach by Basic Education Methods Synergy; Engineering & Management Study
- Sample Ilustration Tools Function by LOGIC IMPULSE TECHNIQUE (STATIONER FLOW)

2. Pendekatan tool Logic Simulation System; horizontal and cross linkage:
Frame work
· Teknik peng-kotak-an proses kerja dalam tingkat keadaan (+case study).
Workflow diagram/ Flowcart
· Teknik mengalirkan proses (cultivade phase), dalam kondisi batas (+case study)
Process Integrated System
· Teknik sinkronisasi proses kerja (integrated phase), dan case study

3. Implementasi Development dengan sistem manajemen jaring laba-laba; vertical linkage (case study-implement). .
Raw Important Operational Process:
· Supervisi LSS; menyusun sistem simulasi sebagai bahan dasar dari Spider Net System.
Management Spider Net:
· Department Spider Net System; menyusun sistem manajemen jaring laba-laba tingkat Departemen
· Division Spider Net System
· BOD Spider Net System
· Company Spider Net System

4. Latihan membangun HR Spider
· Teknik membangun HR Spider dengan Logic Simulation System (LSS).
· Contoh dan Latihan membangun HR Spider di perusahaan anda sebagai fondasi dasar bangunan developmental.

5. Latihan membangun Management Spider
· Teknik membangun Management Spider dengan Logic Simulation System (LSS).
· Contoh dan Latihan membangun Management Spider di perusahaan anda.

Catatan:
Peserta diharapkan membawa Note Book/Laptop, Contoh Job Description dan SOP kerja
(untuk latihan membangun Dasar Developmental System masing-masing perusahaan)
Investasi
Rp 2.850.000,-/peserta
Bila mengirimkan 2 peserta atau lebih dari satu perusahaan @ Rp.2.500.000,-
(Materi, Certificate of Participation, 2 x Cofee Break, Lunch)

Spesial Bonus !!
CD Logic Simulation System Tool

Tanggal & Waktu
25-26 Januari 2007
9.00 s/d 17.00 WIB

Lokasi
HRD Forum Training Centre
IS Plaza Building - 9th Floor

Tempat Terbatas !!

No Account
BCA - KCP Ahmad Yani - Bekasi
No. Rek : 739 041 0829 a/n Bahari Antono

Bank Mandiri - KCP Jkt - Cempaka Mas -
No. Rek : 120-00-0439485-9 a/n Bahari Antono

Informasi & Pendaftaran

HRD Forum
IS PLAZA Building 9th Floor, Room 904
Jl Pramuka Raya Kav 151 - Jakarta Timur
Telp: 021- 851-3661 ; 021-857 9510 ; 021 - 856 4666 ext 1053
Fax: 021 - 851 3661 ; 021-857 9510

Labels: ,

Posted by wishmaster, 6:17 PM | 0 comments |

Writing Accurate Job Description

5th Batch
(Organizer : Value Consult)

Date :
Thursday, 11-01-2007 until Thursday, 11-01-2007
09:00 - 17:00

Venue :
Grand Flora Hotel
Jl. Kemang Raya No. 7
Tlp. 719 8000
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.250.000,-

Early Bird Fee: Rp 1.950.000,- (reg before Dec 28 ; pay before Jan 8th, 2007)
Perusahaan yang mengirim 3 org/lebih dapat dikenakan biaya Rp 1.750.000,-per org.

Seminar/Conference Description :
Saat ini praktek SDM di Perusahaan semakin dituntut untuk lebih responsive dalam menjawab berbagai tantangan yang ada. Manajemen kompetensi, pemilihan kandidat yang tepat, sampai dengan pembuatan struktur gaji yang memperhatikan internal equity merupkan program2 utama yang dapat menentukan efektivitas pengelolaan SDM di suatu Perusahaan.

Keberhasilan berbagai policy di atas sebetulnya sangat tergantung pada perumusan job description yang akurat. Perubahan organisasi kadang tidak disertai dengan perubahan pada perumusan job descriptionnnya, yang pada gilirannya dapat mengorbankan efektivitas dari kebijakan SDM yang menggunakan job description sebagai dasar input nya.

Workshop ini bertujuan untuk me refresh pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam merumuskan suatu job description yang akurat. Dengan pengalaman praktek SDM sebagai HR manager di beberapa Perusahaan ditambah pengalaman konsultansi yang luas akan membuat workshop ini tidak hanya sarat dengan tips untuk memformulasikan job desc secara tepat namun juga dilengkapi dengan berbagai perbandingan job description dari suatu jabatan.

Free CD berisi :
Berbagai contoh job description ; Pedoman wawancara melakukan job description

Speaker :
Adil Kurnia
Psikolog dari UI serta mengikuti pendidikan Magister dibidang Manajemen SDM dan Psikologi Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Departemen Perhubungan, Deperindag, PT. Pelindo, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, PT. Aerowisata, Hotel Preanger, Bank Indonesia, Bank Mandiri (sekarang), PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Jasa Raharja, Bank Bukopin, PT. Secure Parking, dan lainnya.

Outline :

  1. Pengertian Job Description
    1. Job Description vs Job Analysis/Job Requirement/Job Specification/Job Competency/Job Profile/Sistem Operating Procedure (SOP)/Lainnya.
    2. Komponen Job Description
  2. Manfaat/Kegunaan Job Description
    1. Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas
    2. Dasar Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan
    3. Dasar Analisis Kebutuhan Pelatihan
    4. Dasar Manajemen Kinerja
    5. Dasar Manajemen Reward
    6. Lainnya
  3. Tipe/Jenis Job Description
    1. Berdasarkan Jenis Organisasi : Departemen/BUMN/Swasta/Nirlaba/Lainnya.
    2. Berdasarkan Level/Jenis Jabatan : Manajerial/Staf/Pelaksana/Fungsional/Spesialis.
    3. Berdasarkan Jenis Produk : Pabrik/Jasa/Lainnya.
    4. Berdasarkan Lingkup Usaha : Nasional/Multinasional
  4. Langkah-Langkah Menyusun Job Description yang Akurat
    1. Memahami Tipe/Jenis Organisasi
    2. Menentukan Tujuan/Kegunaan Job Description
    3. Menentukan Unsur/Komponen Job Description
    4. Merumuskan Unsur/Komponen Job Description
    5. Mendisain Bentuk/Tampilan Job Description
    6. Mengumpulkan Data melalui kuesioner, wawancara dan teknik lainnya
  5. Latihan/Diskusi Wawancara Perumusan Job Description yang akurat

Labels: ,

Posted by wishmaster, 6:15 PM | 0 comments |

Conflict & Crisis Management

(Organizer : Johnson Indonesia)

Date :
Tuesday, 09-01-2007 until Wednesday, 10-01-2007
08:30 - 17:00

Venue :
Twin Plaza Hotel
Jl. Letjen. S. Parman
Slipi, Jakarta

Fee :
Rp 2.975.000,-

Seminar/Conference Description :
Seiring dengan laju kehidupan dan bisnis yang semakin cepat, peluang-peluang munculnya konflik semakin berlipat-ganda. Konflik yang tidak dapat dikelola dengan baik akan menyebabkan Krisis pada individu, dan hal ini tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan Krisis pada tingkat organisasi atau management.

Namun, kecakapan bekerja secara memuaskan dengan orang lain merupakan faktor penentu satu-satunya kesuksesan paling signinifikan di abad ke-21. Oleh sebab itu, belajar memperdaya dan menyingkirkan situasi-situasi dan orang konfrontasional merupakan kecakapan tersendiri Melalui program Conflict & Crisis management ini akan membantu setiap pribadi atau profesional supaya lebih menjadi suber daya manusia yang tetap berkualitas.

Manfaat training :

  • Memahami unsur-unsur kritis pemikiran kolaboratif
  • Menyelaraskan tanggung jawab terhadap kebutuhan orang lain
  • Meningkatkan keterampilan memecahkan konflik dan keahlian negosiasi dalam memecahkan pelbagai tantangan
  • Memiliki kemampuan Crisis Management
  • Mampu menangani emosi secara efektif
    Meningkatkan kemampuan berempati

Who Should Attend? :
Manager, Supervisor, dan staff atau pihak-pihak yang berkepentingan dalam proses pengembangan managerial skill

Speaker :
Johnson Alvonco, Ph.D.
Managing Director Johnson Indonesia, Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, alumni Universitas Indonusa Esa Unggul, alumni Academy of Analytical Chemistry - Bogor, American World University, Iowa State - USA. Sebagai praktisi profesional kurang lebih 15 tahun diperusahan seperti: Jepang (PT. Asahimas Subentra Chemical) dan Eropa dengan posisi managerial level. Memiliki pengalaman sebagai Consultant dan Trainers Professional di bidang: Human Resources Development, Leadership Development Training, Supervisory Management Training, PPIC, Operation Management, Purchasing Management, Supply Chain Management, Logistic Management, 5-S, Marketing & Sales Management dll. Pengalaman Trainer secara in-house training dibeberapa perusahaan yaitu: PT. Sanyo Compressor Indonesia, PT. Komatsu REMA, PT. Hexindo, PT. Wiraswasta Gemilang Indonesi (produk oli Pennzoil), PT. Bukaka Teknik Utama, PT. Adis Indonesia (Sepatu Nike), PT. DHL Exel Supply Chain Indonesia, PT. Maitland Smith Indonesia, dll.

Outline :

  • Hakikat & Dasar-Dasar Konflik dan Krisis
  • Macam-Macam Konflik
  • Gaya Manajemen Konflik
  • Keterampilan Memecahkan Konflik
    • Problem Solving
    • Menciptakan Empati
    • Menggunakan Sikap Asertif
    • Menangani Emosi
  • Pemetaan dan Mediasi konflik
  • Management Crisis
  • Tim Intervensi
  • Menghadapi Konsumen yang marah

Labels: ,

Posted by wishmaster, 6:13 PM | 0 comments |