HR Strategic Investments

(Organizer : M-Knows Consulting)

Date :
Friday, 15-12-2006 until Friday, 15-12-2006
08:30 - 17:00

Venue :
Financial Club
Niaga Tower 27 th Fl
Jl. Jend. Sudirman Kav. 58
Jakarta,

Fee :
Rp 1.350.000,-

Seminar/Conference Description :
Investasi terbesar Departemen Sumberdaya Manusia (Human Capital Dept) saat ini meliputi aspek penerapan CBHRM, Sistem Kompensasi dan Benefit yang diawali Job Evaluation, Job Grading hingga Competency based Salary Structure, Training & Development dan Human Resources Information System. Guna menjamin hasil yang maksimal dengan biaya yang efisien, tentunya diperlukan pemahaman atas:

  • Apakah perusahaan anda telah memerlukannya? Kapan dan kenapa?
  • Tahapan apa saja yang dilewati, berapa lama dan apa masalahnya?
  • Faktor-faktor utama apa saja yang harus dipertimbangkan, dan bagaimanakah kesiapan internal vs sumber daya yang diperlukan?
  • Berapa biayanya? Apa saja solusi yang ada, dan apakah benar dibutuhkan? Apa justifikasi beragam jenis solusi dengan implikasi biaya yang berbeda tersebut?
    Bagaimana ROI-nya?

Ironisnya, informasi tentang hal ini seringkali di simpan dan kurang dikemukakan. Workshop kali ini akan membahas step-by-step, langkah-langkah yang diperlukan. Mengikuti workshop ini akan memberikan pemahaman dan penghematan luar biasa bagi para praktisi SDM, karena diberikan oleh mereka yang telah berpengalaman dalam implementasi ke 4 investasi utama SDM diatas.

Who Should Attend? :
Para Direktur, Manajer dan specialist yang berkepentingan dalam menganalisa, mendesain, melaksanakan dan mengintervensi kebijakan SDM secara komprehensif

Speaker :

  1. Benyamin Ruslan Naba
    Managing Partner Simaeru Consulting
    Benyamin Ruslan Naba adalah Managing Partner Simaeru Consulting, perusahaan jasa konsultan SDM dan Manajemen Perubahan yang berbasis pada teknologi informasi, seperti Competency-Based Human Resources
    Information System, e-HR, HR online dan e-Learning. Line of Services Simaeru Consulting adalah Consulting, Training dan Outsourcing.
    Benyamin Ruslan Naba sering menjadi pembicara di berbagai seminar dan workshop CBHRM, serta konsultan CBHRM dan e-HR di berbagai perusahaan swasta, BUMN dan Lembaga Pemerintah.
  2. Bagas Sweta Bhaskara
    Bagas memiliki berbagai pengalaman terutama sebagai human capital specialist dan job analyst di beragam perusahaan, meliputi pertambangan, televisi, asuransi, telekomunikasi, consumer goods, farmasi dan lainnya. Berhasil meraih gelar master dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia keduanya dibidang Sumber Daya Manusia. Keahliannya dalam ilmu statistik serta SDM merupakan dasar kepakarannya dalam melaksanakan beragam proyek Job Evaluation & grading (Compensation & Benefit system), Competency Based Human Resource Management, Climate and Culture Audit, dan Human Resource Information System.

Outline :
Sesi 1: Implementing Competency-Based HR Management
Dibawakan oleh mereka yang dipuji beragam perusahaan akibat solusinya yang sangat tepat-aplikatif, bahkan dibandingkan upaya para direktur perusahaan besar yang frustasi karena implementasi yang gagal walau telah hunting ke luar negeri. Fasilitator telah berpengalaman menangani berbagai perusahaan dalam implementasi sistem kompetensinya. Akan dibahas studi kasus implementasi 15 hari di perusahaan telekomunikasi terbesar di Industrinya, mulai dari pembuatan competency directory, population validation survey, whole company assesment dan implikasinya bagi other Competency Based HR Initiatives, seperti Compensation & Benefit, HRIS dan Training & Development.

Sesi 2: How to Manage Job Evaluation, Salary Stucture and Compensation & Benefits Allignment Projects
Terdapat 4 faham dalam implementasi job evaluation hingga menciptakan salary structure, hal mana menimbulkan kebingungan dan kesalah-pahaman dalam implementasinya. Bagaimanapun, implikasi waktu, biaya dan sumber daya yang dibutuhkan dapatlah diketahui dan diperkirakan. Dibawakan oleh fasilitator yang telah terlibat dan menguasai penuh, baik aspek filosofis, teoritis maupun implementatif dari penerapan compensation & benefit allignment projects

Sesi 3: Managing Training & Development Investment Effectively
Terdapat 2 pendekatan, mikro dan makro dalam penentuan sasaran dan bentuk investasi training & development. Bagaimanapun, kedua pendekatan tersebut ditentukan oleh filosofi pengelolaan SDM di perusahaan. Selanjutnya, perlu dipahami beragam metode yang efektif untuk permasalahan yang berbeda. Saat ini, telah terdapat beragam solusi di pasaran, dengan tujuan, efektivitas, biaya, kemasan dan implikasi yang variatif. Dibutuhkan seorang ahli yang telah berkecimpung dalam sehingga memahami kondisi ini, karenanya sesi ini akan sangat membantu mereka yang berkepentingan.

Sesi 4: Setting-Up Human Resource Information System
Sudahkah anda memerlukan HRIS? Software memang membuat produktivitas, efisiensi dan kecepatan kerja meningkat pesat, disamping terbukanya peluang dan wilayah baru bagi peningkatan kinerja manusia. Bagaimanapun, ia membutuhkan investasi, dapat besar maupun kecil. Seberapa kompleks dan pentingnya pengaruh otomisasi dalam pengelolaan SDM di perusahaan anda? Apakah sudah dipandang penting untuk meningkatkan output akhir perusahaan, misal melalui peningkatan produktivitas individu ketimbang menambah pegawai? Apa saja solusi yang tersedia, dan bagaimana tahapan penerapan serta implikasinya? Apa pengaruh dari perkembangan dunia komunikasi, software dan hardware, khususnya sistem client-server vs ASP? Secara teknis, Tahapan implementasi HRIS meliputi HR Process Review (Grand Plan/Design), Application Flow Development (Menu Design), Developing Data Structure, Graphical User Interface Development, SOP Finalization ( incl. User Profile), User Manual, dan Bug List & Resolution. Bagaimanapun, secara praktis, ini berarti change management, business process improvement vs reenginering, dan ROI justification.

Labels:

Posted by wishmaster, Wednesday, December 13, 2006 2:10 AM

0 Comments:

<< Home | << Add a comment